Pemkab Magelang Raih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian

Dilihat 1537 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018 dari Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DJPK) Kanwil Provinsi Jawa Tengah. 


Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin di Ruang Kerja Bupati Magelang, Kompleks Setda Kabupaten Magelang, Kamis (28/11/2019).


Zaenal Arifin mengatakan keberhasilan Pemkab Magelang dalam mempertahankan penghargaan opini WTP tersebut tidak terlepas dari pembinaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam rangka mengelola keuangan secara Good Governance.


"Insya Allah, kami dengan sekuat tenaga akan mempertahankan opini ini. Kami mohon doanya agar keuangan yang ada ini diharapkan ditujukan bagi kesejahteraan masyarakat," kata Zaenal.


Selain itu, Zaenal juga menyinggung alokasi anggaran yang akan dikucurkan di wilayah Kabupaten Magelang sehubungan percepatan pembangunan Prioritas Pariwisata Borobudur sebagai Bali baru.


Ia menyebutkan, pembangunan prioritas pariwisata Borobudur akan segera dilaksanakan pada 2020. Menurutnya hal ini sangat membutuhkan keseriusan semua pihak untuk benar-benar bisa memanfaatkan anggaran tersebut.


"Tentunya kami mohon bimbingannya untuk bisa mengawal kami agar kita bisa terus menyajikan laporan keuangan kami yang terbaik, transparan, akuntable, dan Good Governance sehingga betul-betul memberikan manfaat kepada masyarakat," pungkas Zaenal.


Sulaimansyah mengungkapkan pihaknya mendapat amanah Menteri Keuangan RI untuk menyerahkan penghargaan dari pemerintah pusat kepada Pemkab Magelang yang telah mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan daerah dengan standar tertinggi.


"Saya kira penghargaan ini sudah tiga kali berturut-turut diraih oleh Pemkab Magelang. Ini sangat luar biasa, dan kami sangat mengapresiasi atas pengelolaan keuangan di Kabupaten Magelang," ucap, Sulaimansyah usai menyerahkan penghargaan opini WTP LKPD Tahun 2018 kepada Bupati Magelang.


Lanjut Sulaimansyah, tidak seperti biasanya penyerahan penghargaan ini dilangsungkan di Jakarta. Pasalnya, Presiden Joko Widodo meminta agar penghargaan tersebut langsung diserahkan kepada Kepala Daerah di Kabupaten/Kota, sekaligus untuk melihat perkembangan di tiap-tiap daerah.


Dalam kesempatan yang sama, Sulaimansyah juga sangat mengapresiasi Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Magelang, yang selama ini telah bersinergi terkait data laporan keuangan daerah.


"Data keuangan daerah ini sangat berarti bagi kami dalam rangka menyusun laporan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," tuturnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar