Bupati Magelang Tabuh Rebana Tandai Pencanangan Kampung KB Desa Ngadipuro

Dilihat 2005 kali
Tabuh rebana oleh Bupati Magelang tandai pencanangan Kampung KB dan Rumah Dataku Dusun Ngadipuro 1 Desa Ngadipuro Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (24/09)

BERITAMAGELANG.ID - Penabuhan rebana oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP menandai Pencanangan Kampung KB dan Rumah Dataku di Dusun Ngadipuro 1 Desa Ngadipuro Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Senin (24/09).

Dalam sambutannya, Bupati Magelang mengatakan, sesuai amanat Presiden Joko Widodo bahwa Pencanangan Kampung KB tidak hanya bertujuan 2 Anak Cukup.

''Tidak hanya bagaimana kita menggunakan alat kontrasepsi tetapi jauh dari itu, adalah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, itulah ending yang diharapkan oleh bapak Presiden berkaitan tentang Kampung KB," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Magelang juga mengajak bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

"Kami mengajak kepada seluruh SKPD yang terkait khususnya untuk saling bersinergi termasuk bergandeng bersama Polri dan TNI untuk bersama-sama tentunya mulai dari keluarga yang kecil sejahtera," lanjutnya.

Di dalam Kampung KB, lanjut Zaenal, keberadaan Rumah Dataku sangatlah penting karena bisa menjadi alternatif untuk mengetahui database desa.

"Hal ini dikarenakan data desa merupakan data real dan terdekat dari masyarakat. Bisa kita jadikan starting point kita untuk mendapatkan data awal," pungkasnya.

Sementara itu Pj Kepala Desa Ngadipuro Toha Maksumi menjelaskan, Dusun Ngadipuro 1 merupakan salah satu dari 9 dusun di Desa Ngadipuro.

"Terdiri dari 3 RT, 1 RW, 176 kepala keluarga dan 500 penduduk. Sementara jumlah usia subur sebanyak 76 pasangan dengan partisipasi aktif ber-KB lebih dari 60 persen, sedangkan kepemilikan akta kelahiran sampai hari ini mencapai 100 persen," paparnya.

Pencanangan Kampung KB dilanjutkan dengan peninjauan stand dan Rumah Dataku oleh Bupati Magelang didampingi Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Retno Indriastuti, Camat Dukun Bambang Hermanto, S.STP., perwakilan Forkompimcam serta Kepala Desa se-Kecamatan Dukun.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar