Peringatan HUT ke 73 RI, Kabupaten Magelang Rangkai Sejumlah Event Menarik

Dilihat 2717 kali

BERITAMAGELANG.ID - Berbagai kegiatan menarik akan digelar Pemerintah Kabupaten Magelang untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Republik Indonesia (RI). Agenda kegiatan yang penuh warna edukasi dan meriah itu akan sayang jika dilewatkan.

Rangkaian kegiatan dimulai dari lomba foto pada 1-22 Agustus, Car Free Day pada 12 dan 19 Agustus. Khusus pelajar, ada kegiatan apresiasi dan workshop film pada 13-31 Agustus.

Selain kegiatan utama yakni Malam Tirakatan, Renungan Malam dan Upacara Bendera Peringatan Detik Detik Proklamasi, Pemkab Magelang juga telah menyiapkan hiburan rakyat berupa kesenian tradisional, Parade Gebyar Seni Budaya dan Festival Gunungan pada 19 Agustus. Juga ada Lomba Karnaval Semarak Antar Kecamatan pada 17-30 Agustus. 

"Tak kalah unik dan menarik yakni lomba senam antar sanggar dan lomba custom komunitas bank sampah pada 19 Agustus," kata Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam konferensi pers yang digelar di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Jawa Tengah, Senin (13/08).

Lebih meriah lagi, lanjut Zaenal, pada 24 Agustus, akan digelar Senam Massal di Stadion Gemilang dilanjut Parade Band HUT ke 73 RI pada sore harinya di Lapangan drh. Soepardi, Kota Mungkid. Pameran Semarak Gemilang dan Gebyar Pendidikan SD dan SMP serta Festival Campur Sari dan Festival Kethoprak juga akan memeriahkan rangkaian peringatan HUT ke 73 RI tahun ini pada 29-31 Agustus 2018. 

Menutup rangkaian kegiatan, akan digelar Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk menghadirkan dalang kondang Ki Seno Nugroho pada 31 Agustus di Lapangan drh. Soepardi Kota Mungkid.

Bupati Magelang menambahkan, rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan kali ini merupakan penghargaan kepada para pahlawan sekaligus wujud kebersamaan dari semua elemen di Kabupaten Magelang.

"Founding Father kita mewariskan semangat gotong royong dalam merebut kemerdekaan. Seperti itulah rangkaian kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan kali ini sehingga lebih bervariasi karena kebersamaan media, masyarakat, dan pemerintah," ungkapnya.

Selain menjadi hiburan bagi masyarakat, rangkaian kegiatan juga diharapkan memberi manfaat dan energi positif bagi generasi muda.

"Kita juga memberikan penghargaan kepada pelajar yang berprestasi. Di samping itu juga akan digelar ramah tamah dengan para Pejuang Angkatan 45 sebagai penghormatan atas jasa mereka," pungkasnya.

Jelang HUT ke 73 RI kali ini sebuah prestasi membanggakan juga diraih pesebak bola kembar asal Secang Kabupaten Magelang, Bagas Kaffa dan Bagus Kaffi. Keduanya telah berprestasi mengharumkan nama Kabupaten Magelang dan Indonesia dalam ajang Piala AFF U-16. 

Rencananya pemberian hadiah penghargaan dari Pemkab Magelang akan digelar meriah melalui sebuah prosesi pada Rabu (15/08).


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar