Kementerian PUPR Percepat Program Sejuta Rumah di Kabupaten/Kota Magelang dan Temanggung

Dilihat 1993 kali
Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid saat meninjau pembangunan rumah susun sewa di Magelang, Rabu (16/05).

BERITAMAGELANG.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan terus menambah unit rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Tahun ini  target pembangunan sebanyak 310 unit tower rumah susun MBR atau sebanyak 15 ribu unit tersebar di seluruh Indonesia.

Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan, hal tersebut merupakan langkah percepatan program Sejuta Rumah di tahun 2018. 

"Pemerintah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, diantaranya bidang perumahan, yakni diwujudkan pembangunan rumah susun (rusun) untuk MBR," terang Khalawi saat meninjau pembangunan rumah susun sewa di RT 01, Kampung Polosari, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Rabu (16/05).

Selain pembangunan rusun MBR, Pemerintah juga memprogramkan rusun untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), asrama santri pondok pesantren, asrama perguruan tinggi, serta rumah khusus untuk nelayan di daerah perbatasan, paramedis, dokter, maupun suster yang bertugas jauh dari tempat tinggal.

"Ada juga pemberian bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bedah rumah. Jawa Tengah menerima bantuan paling banyak, 99 ribu unit dari total 180 ribu di tahun 2018," lanjutnya.

Dia menyebutkan, di Jawa Tengah ada tiga daerah yang menerima bantuan BSPS antara lain 1.509 unit di Kabupaten Temanggung, 240 unit di Kota Magelang, dan 1.790 unit di Kabupaten Magelang. Nominal bantuan yang diterima adalah Rp 15 juta per unit rumah.

"Program BSPS ini diharapkan pelaksanaannya melalui padat karya. Jadi Rp 15 juta yang diterima itu, Rp 12,5 jutanya berupa bahan kemudian Rp 2,5 juta untuk padat karya," jelasnya. 

Rumah susun tersebut nantinya akan dihibahkan ke Pemda setempat, untuk dikelola sebagai upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Pelaksanaan dihandle pusat, daerah menyediakan lahan sekaligus mengelola untuk kesejahteraan rakyat sesuai program Nawacita Presiden," pungkasnya. 

Editor Fany Rachma

1 Komentar

rochanto 19 Juli 2019 22:08
Kepada Bapak / Ibu di DUPR Dengan hormat, saya mau menayakan tentang waktu realisasi bantuan rumah, karena kami sudah mengajukan permohonan sejak bulan maret 2019, tapi sampai saat ini belum ada kavar berita tentang kapan di realisasi-nya Kami warga Sengi, Kec.Dukun, Kab. Magelang sangat menanti keputusanya, karena material swadaya kami sudah siap

Tambahkan Komentar