Selama Libur Lebaran Call Center 112 Kabupaten Magelang Tetap Beroperasi 24 Jam

Dilihat 1891 kali
Petugas operator call center 112, siap melayani aduan kegawatdaruratan di masyarakat.

BERITAMAGELANG.ID-Sebagai pintu layanan informasi kegawatdaruratan, call center 112 Kabupaten Magelang tidak pernah kosong. Ruangan CCR selalu ada petugas call taker yang berjaga menunggu aduan masyarakat terkait kegawatdaruratan. Mereka siap melayani berbagai aduan kegawatdaruratan dari masyarakat, menghadap layar monitor dengan telinga terpasang headphone.

Selama libur lebaran 29 April hingga 8 Mei 2022 mendatang, call center 112 Kabupaten Magelang akan tetap beroperasi melayani panggilan kegawatdaruratan masyarakat selama 24 jam. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mengakomodir kebutuhan informasi baik bagi para pemudik maupun masyarakat secara umum, khususnya menangani soal kegawatdaruratan yang mungkin terjadi ditengah masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, Endra E Wacana, mengatakan call center 112 Kabupaten Magelang tetap melayani berbagai aduan masyarakat terkait kejadian kegawatdaruratan selama masa libur lebaran 24 jam penuh.

"Meski libur call center 112 tetap melayani masyarakat 24 jam penuh," kata Endra saat dikonfirmasi beritamagelang.id. pada Jumat 29/4/2022.

Untuk pembagian tugas operator call center sendiri agar tidak mengurangi kesempatan berlebaran dan menikmati masa libur, pihaknya telah membuat jadwal dalam dua shif sehingga para petugas bisa bergantian libur dan merayakan lebaran dengan keluarga.

Perlu diketahui bahwa selama Januari hingga April 2022 tidak kurang dari 300 laporan kegawatdaruratan yang masuk ke CCR. Call Center 112 sebagai pusat layanan panggilan darurat untuk dapat berkoordinasi dengan OPD dalam memberikan layanan kegawatdaruratan kepada masyarakat. Kegawatdaruratan yang ditangani melalui Call Center 112 diantaranya darurat medis, layanan ambulans PSC, darurat kriminal, darurat bencana, kebakaran, kecelakaan, keamanan dan ketertiban, serta hal lain seperti evakuasi hewan buas, pohon tumbang, konsleting listrik dan masih banyak lagi.



Ditambahkan Kepala Dinas Kominfo bahwa layanan panggilan darurat 112 adalah layanan bebas biaya artinya masyarakat dapat mengakses layanan call center 112 gratis dari semua operator, dan tanpa menggunakan kode area. Para petugas akan dengan sigap merespon cepat setiap laporan yang masuk melalui call center 112 dan akan meneruskan laporan ke OPD teknis terkait untuk menindaklajuti laporan tersebut

"Layanan ini dibuat untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin pada kejadian yang bersifat kedaruratan," katanya

Endra berharap, fasilitas ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk mengatasi kejadian darurat agar penanganan bisa lebih cepat, tepat, efektif dan efisien.

Sementara itu Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP saat Rapat Koordinasi Persiapan Lebaran Tahun 2022, menyampaikan bahwa ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan adalah masalah sosial dan bencana, keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat selain masalah kebutuhan bahan pokok, sarana dan prasarana serta kelancaran transportasi selama libur lebaran.

Zaenal juga menekankan kepada para Kepala OPD/Instansi terkait agar mendirikan posko teknis sesuai dengan tugas dan fungsinya, utamanya layanan publik untuk tetap aktif melayani masyarakat.

"Saya minta kepada seluruh OPD/instansi terkait untuk selalu berkoordinasi dan melaporkan situasi dan kondisi selama pelaksanaan tugas kepada Posko Terpadu melalui sarana media yang sudah disediakan," kata Zaenal.


Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar