Semarak HUT ke-39 SMA Negeri 1 Kota Mungkid Tonjolkan Literasi Budaya

Dilihat 1708 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto menghadiri acara Gelar Prestasi Siswa dengan tema 'Warna-Warni Literasi Budaya Generasi Masa Kini 'WISANGGENI' Dalam Rangka Peringatan HUT SMA Negeri 1 Kota Mungkid Ke-39 Tahun 2022 di Gor SMA Negeri 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Kamis (15/12/2022).


Adi Waryanto menyampaikan, saat ini masyarakat dituntut untuk mampu menguasai literasi budaya bangsa Indonesia sebagai modal dan fondasi utama untuk memupuk sikap saling menghormati, menghargai, kebersamaan dan gotong-royong dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila.


"Dengan kesadaran akan literasi budaya, kita dapat lebih bersifat terbuka dengan mengambil sikap saling menghormati adanya perbedaan dan toleransi yang akan menjalin dan merajut seluruh komponen bangsa," kata Adi.


Menurutnya, literasi budaya ini sangat penting diberikan baik di tingkat keluarga, sekolah, dan masyarakat. Karena dengan Literasi budaya tidak hanya menyelamatkan dan mengembangkan budaya nasional, tetapi juga membangun identitas bangsa Indonesia di tengah masyarakat global.


"Kami berharap melalui kegiatan literasi budaya ini akan semakin memperkokoh jiwa nasionalisme di tengah keberagaman budaya bangsa, agar budaya kita yang adi luhung ini bisa semakin kuat terjaga dan tidak tergerus oleh derasnya arus globalisasi dan modernisasi saat ini," ungkap Adi Waryanto.


Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Mungkid, Ani Andri Suprijani menjelaskan makna tema WISANGGENI berasal dari sebuah tokoh pewayangan Jawa. Tokoh Wisanggeni ini merupakan sisipan dalam kisah Mahabharata versi pewayangan yang tidak ada dalam wiracarita karya Kresna Dwipayana dari India. 


Tokoh Wisanggeni ini dikenal pemberani, tegas dalam bersikap, baik hati, suka menolong serta memiliki kesaktian yang luar biasa.


"Dalam hal ini kami juga mengharapkan dan mendoakan anak-anak kami SMA Negeri 1 Kota Mungkid mempunyai sikap, mempunyai karatker seperi Wisanggeni tersebut," kata Ani


Kegiatan HUT SMA Negeri 1 Kota Mungkid ini dilaksanakan selama dua hari pada 14 sampai 15 Desember 2022 dengan kegiatan Kokid Ngepit, dan juga Parade Budaya yang dimeriahkan dengan berbagai macam penampilan diantaranya, Kubro Siswo dan Topeng Ireng.


"Harapannya anak-anak tidak melupakan budaya dan kesenian rakyat yang sudah ada, dan harus terus kita pelajari dan kita uri-uri supaya tidak tertinggal dengan adanya budaya baru," bebernya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar