Sinergi, Kapolres dan Dandim Magelang Pimpin Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Candi 2018

Dilihat 1707 kali
Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo didampingi Dandim 0705, Kajari, dan Forkopimda tinjau kesiapan personil dan sarana prasarana dalam Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Candi 2018, Rabu (19/09)

BERITAMAGELANG.ID - Kepolisian Resor Magelang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Candi 2018 di Lapangan drh. Soepardi, Kota Mungkid, Rabu (19/09). Apel ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. Secara bersamaan, apel ini dipimpin langsung Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo dan Komandan Kodim 0705 Magelang Letkol. Inf. Kukuh Tri Antono, SIP.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, dijelaskan Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan di seluruh jajaran dengan tujuan mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan Pemilu 2019 agar terselenggara dengan aman, lancar dan damai.

"Bangsa Indonesia akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilu tahun 2019 yang tahapannya tengah berlangsung saat ini. Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan diselenggarakan secara serentak dengan ambang batas parlemen parlementary treshold sebesar 4%," demikian disampaikan dalam amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo.

Dalam kacamata kamtibmas, lanjut Hari, peningkatan intensitas kegiatan politik ini dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, diantaranya yang menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran hoax, hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholder terkait lainnya menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Mantap Brata 2018 yang dilaksanakan selama 397 hari.

"Terhitung mulai 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019 di seluruh wilayah Indonesia, dengan melibatkan 272.886 personil Polri," tandasnya.

Operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan langkah preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi. Polri berkomitmen agar penyelenggaraan Pemilu 2019 dapat berjalan aman lancar dan damai.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0705 Magelang menyatakan kegiatan ini menunjukan salah satu sinergitas TNI dan Polri dalam rangka mengamankan Pemilu tahun depan.

"Keamanan yang harus kita jaga ini merupakan cerminan bagi negara-negara lain ketika pesta demokrasi yang dilaksanakan 5 tahun sekali diselenggarakan. Apabila kondusivitas di wilayah kita tidak terjamin, atau chaos, maka Indonesia akan menjadi sorotan bagi negara lain," ungkap Dandim.

Dandim berkomitmen, seluruh elemen TNI dan Polri siap mengamankan Pemilu 2019 agar berjalan dengan aman dan lancar.

"Saya mengharapkan pada seluruh peserta apel dan juga dukungan seluruh elemen masyarakat untuk selalu menjaga keamanan khususnya selama pelaksanaan kegiatan pemilihan legislatif dan Presiden tahun depan," tutupnya.


Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo didampingi Pj. Sekda, Dandim 0705, Kajari, dan Forkopimda tinjau kesiapan personil dan sarana prasarana dalam Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Candi 2018

Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Candi 2018 diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen, diantaranya Polri, TNI, BPBD, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, serta instansi terkait lainnya. Di sela apel, Kapolres Magelang didampingi jajaran Forkopimda meninjau kesiapan personil dan sarana prasarana pengamanan Pemilu 2019. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar