Tambah Pasien Covid-19, Belum Ditemukan Varian Omicron

Dilihat 2213 kali
Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto setelah mengikuti acara HPN di Sawangan

BERITAMAGELANG.ID - Bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang belum ada yang mengarah kepada jenis Omicron. Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto sesaat setelah mengikuti kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang di Kecamatan Sawangan, Jumat (4/2). 


Menurut Adi, melonjaknya kasus terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron sudah diprediksi oleh pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Kesehatan RI. Namun dirinya berpesan untuk masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap berhati-hati.


“Bertambahnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Magelang, belum mengarah kepada Omicron. Sampai saat ini saya blum dapat laporan. Namun perlu kewaspadaan dan hati-hati. Jangan panik dan mudah-mudahan itu (Omicron) tidak terjadi di Magelang," katanya.


Disampaikan, gejala dari virus Covid-19 varian Omicron tidak seperti delta. Namun dilanjutkan Adi, Kabupaten Magelang telah mempersiapkan segala langkah untuk mengantisipasi hal tersebut seperti tracing, tracking dan treatment.


"Kita siapkan juga tempat isolasi terpusat maupun mandiri. Untuk yang bergejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri. Karena Omicron ini gejalanya tidak seperti yang varian delta," jelasnya.


Namun begitu, dirinya menekankan kepada lansia dan komorbid ketika mengalami gejala, supaya mau untuk melakukan isolasi di tempat isolasi terpusat maupun rumah sakit supaya penanganan menjadi lebih maksimal.


"Vaksinasi terus kita gencarkan. Termasuk untuk yang dosis ke 3 atau booster. Kita upayakan untuk lansia dan anak-anak," ungkapnya.


Ketika disinggung terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Adi Waryanto menyampaikan pihak-pihak terkait akan selalu melakukan evaluasi. Jika memang hasil kajian satgas Covid-19 Kabupaten Magelang terkait PTM terdapat potensi kasus penyebaran yang masif, maka akan dilakukan PTM sebanyak 59 persen.


"Atau bisa juga kita berlakukan pembelajaran daring. Namun masih kita kaji kembali bersama satgas dan OPD terkait," imbuhnya.


Sesuai data rilis kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang bertambah 20 orang pada Kamis (3/2). Sebanyak 20 orang tersebut berasal dari Kecamatan Salam 2 orang, Kecamatan Tegalrejo 2 orang, Kecamatan Srumbung 1 orang, Kecamatan Mertoyudan 12 orang, Kecamatan Grabag 1 orang dan Kecamatan Secang 2 orang. Sehingga jumlah komulatif pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang sebanyak 42 orang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar