Tiga Warga Mertoyudan Positif Covid-19

Dilihat 4091 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, kembali bertambah Kamis (6/8/2020). Kali ini bertambah tiga orang yang semuanya, warga Kecamatan Mertoyudan. Dengan tambahan tiga orang ini, jumlah yang masih dirawat ada 27 orang. Terdiri dari 18 orang dirawat di sejumlah rumah sakit dan 9 menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas gugus tugas kabupaten, satgas kecamatan serta desa.


"Tambahan tiga orang ini, semuanya merupakan warga Kecamatan Mertoyudan. Meliputi dua perempuan dan satu laki-laki. Untuk dua perempuan itu, berusia 27 dan 54 tahun. Sedang satu laki-laki, berusia 56 tahun. Ketiganya dinyatakan positif setelah hasil swab tertanggal 5 Agustus, dinyatakan positif dan ada kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Untuk saat ini, mereka dirawat di rumah sakit tentara (RST)," kata Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti.


Dengan tambahan tiga positif ini, lanjut Retno yang juga Kepala Dinas Kesehatan itu, jumlah akumulasi pasien positif di wilayah ini menjadi 187 orang. "Sebanyak 187 orang itu, terdiri dari 18 dirawat, 9 menjalani isolasi mandiri, 154 sembuh dan enam meninggal," lanjutnya.


Ditambahkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada tambahan enam orang. Empat orang masing-masing dua dari Kecamatan Srumbung dan Kaliangkrik serta masing-masing satu orang dari Kecamatan Salaman dan Pakis.


"Meski demikian, hari ini ada empat PDP yang dinyatakan sembuh. Masing-masing dari Kecamatan Salaman, Mertoyudan, Muntilan dan Sawangan. Dengan tambahan baru dan sembuh itu, jumlah akumulasinya menjadi 374 orang. Terdiri dari 23 dirawat, 308 sembuh dan 43 meninggal. Sedang untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini ada tiga yang lolos pantau. Sehingga jumlah yang dipantau hingga saat ini ada 15 orang," imbuhnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar