Wakil Bupati Ajak Warga Cegah Corona Dengan Bersih Lingkungan

Dilihat 1687 kali

BERITAMAGELANG.ID - Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana menjelaskan Covid-19 berasal dari luar negeri yang dibawa oleh seseorang yang sudah terjangkit, lalu sampai ke Indonesia.


Sementara penyebaran Covid-19 tersebut melalui kontak langsung antara manusia dengan manusia ataupun manusia yang kontak dengan benda yang sudah terpapar. Oleh karena itulah maka gerakan pencegahan tersebut harus dilakukan bersama secara masif.


"Maka kami minta agar besok Jumat mari kita bersama melakukan Gerakan Pencegahan Covid-19 dengan kerja bakti massal membersihkan lingkungannya masing-masing," ajak Edi dalam rapat koordinasi pencegahan Virus Corona di ruang Command Center Kabupaten Magelang, Rabu (18/3/2020).


Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto meminta agar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang juga dapat terlibat dalam menginformasikan tentang Gerakan Pencegahan Covid-19.


"Kepada Ketua PWI khususnya, nanti kami juga meminta bantuan untuk ikut menyebarluaskan dan menginformasikan gerakan bersama secara mandiri di masyarakat dalam hal kebersihan lingkungan di masing-masing keluarga, untuk mencegah penyebaran Virus Corona," tutur Adi.


Adi mengatakan, sesuai dengan arahan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada saat video confrence Selasa (17/3/2020) meminta agar empat hari ke depan ada langkah konkret sekaligus secara masif terkait tindakan pencegahan penyebaran Covid-19, melalui upaya yang bersifat mandiri oleh masyarakat.


"Artinya kebersamaan dan kegotongroyongan di masyarakat bisa dilakukan dengan mandiri. Antara lain dengan melakukan ajakan pencegahan dimulai dari rumah masing-masing, secara serentak masif bersama-sama. Yang mana sesuai arahan Pak Bupati akan dilaksanakan serempak pada hari Jumat (20/3/2020) yang dimulai pukul 07.00 WIB," katanya.


Lanjut Adi, seluruh masyarakat bisa membersihkan lingkungan sekitarnya terutama rumahnya masing-masing dengan melakukan penyemprotan menggunakan material yang dimiliki oleh keluarga. Contohnya dengan menggunakan disinfektan (bagi yang punya), selain itu juga bisa menggunakan deterjen, sabun cuci, pemutih baju, karbol, dan sejenisnya.


"Jadi pada hari Jumat besok, diharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Magelang bisa bergerak melakukan langkah-langkah semacam itu," harapnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar