Kemenag Kabupaten Magelang Bentuk Kampung Moderasi Beragama

Dilihat 210 kali
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Muhammad Miftah

BERITAMAGELANG.ID - Dua desa di Kecamatan Candimulyo dan Srumbung dijadikan percontohan Kampung Moderasi Beragama oleh Kementerian Agama Kabupaten Magelang.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Muhammad Miftah mengatakan, setiap kabupaten/kota di Indonesia harus membentuk kampung moderasi beragama sebagai bentuk komitmen bersama. Dua kampung tersebut berlatar belakang heterogen dengan transisi lembut menuju perkembangan masyarakatnya.


"Ini demi menjunjung tinggi moderasi beragama, dan Kabupaten Magelang ada dua di Kecamatan Candimulyo dan Srumbung," kata Miftah saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Taman Wisata Air Kalibening, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Sabtu (24/2/2024).


Miftah menjelaskan, Kecamatan Candimulyo dan Srumbung dipilih sebagai proyek percontohan Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Magelang. Sebab, dua wilayah tersebut terdapat semua agama yang dianut warga setempat.


Menurutnya, kegiatan moderasi beragama tentu melibatkan semua unsur agama yang ada di wilayah tersebut. Termasuk menggandeng perangkat desa setempat dan nantrinya ada musyawarah bersama terkait kehidupan beragama atau sosial.


Ia menambahkan, moderasi beragama harus dilaksanakan dengan baik karena Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan ras agama. Konsep tersebut menjadi sebuah keniscayaan bagi setiap kantor kementerian agama memberi pemahaman terkait agama dengan baik dan adil.


Selain itu dengan adanya pemahaman agama yang baik, praktis akan menimbulkan ketentraman dan kesejukan. Sehingga, pembangunan yang dilakukan pemerintah dapat berjalan dengan baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, maupun sosial.  


"Sesuai cara wasathiyah atau seimbang di tengah-tengah. Sehingga Indonesia ini sesungguhnya menjadi negara yang madani," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar