Yayasan Dulang Mas Joglo Semar Nusantara Diharap Perkuat Nilai Luhur dan Budaya

Dilihat 1318 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang Suharno, dan jajaran Forkopimcam Kecamatan Borobudur menghadiri Syukuran dan Peresmian Yayasan Dulang Mas Joglo Semar Nusantara (YDMJSN), Sabtu (30/7/2022).


Dalam sambutannya Iwan Sutiarso menyampaikan, dengan diresmikannya Yayasan Dulang Mas Joglo Semar Nusantara ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi kehidupan berbudaya di masyarakat, khususnya untuk membangkitkan serta menumbuh kembangkan rasa cinta pada nilai-nilai luhur, budaya, bangsa, dan bergotong-royong dalam menghadapi tantangan dan ancaman arus globalisasi yang sangat cepat seperti sekarang ini. 


"Perlu kita sadari bersama, bahwa budaya merupakan identitas bangsa yang harus dihormati, dijaga dan dilestarikan menjadi warisan bagi anak cucu kita kelak, sudah sepatutnya kita mengambil peran, dengan bekerja sama dalam melestarikan seni dan budaya, tidak dapat dipungkiri, apabila kita tidak uri-uri maka akan terpinggirkan dan terlupakan," kata Iwan.


Melalui rangkaian kegiatan seni dan budaya yang digagas oleh Yayasan Dulang Mas Joglo Semar Nusantara ini, Iwan berpesan agar tetap mematuhi protokol kesehatan di setiap kegiatan yang dilaksanakannya.


"Tentu saya juga berharap, dari kegiatan ini nantinya dapat mengambil hikmah dari nilai luhur yang terkandung dalam budaya itu sendiri, untuk dijewantahkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda agar tidak terpengaruh ke dalam budaya asing yang bernilai negatif," harapannya.


Peresmian Yayasan Dulang Mas Joglo Semar Nusantara ini juga turut dihadiri oleh Putra tertua Wakil Presiden RI, Suryogo Mangkurat dan Hemengkubuwono IX. Peresmian Yayasan Dulang Mas Joglo Semar Nusantara tersebut juga dimeriahkan oleh kesenian wayang kulit.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar