BAZNAS RI Sembelih Hewan Kurban di Muntilan

Dilihat 798 kali
Penyembelihan hewan kurban di Balai ternak Dusun Baron Desa Tanjung Muntilan, oleh BAZNAS RI.

BERITAMAGELANG.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menggelar kegiatan Kurban Berkah BAZNAS di Balai Ternak Dusun Baron, Desa Tanjung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Senin (17/6/2024). 


Hingga saat ini, pengumpulan kurban Berkah BAZNAS RI mencapai 5.108 hewan kurban setara domba/kambing dan masih akan terus bertambah. Keseluruhan hewan ini dipotong di berbagai wilayah di Indonesia. BAZNAS juga masih menerima kurban hingga hari Tasyrik, pada 11 dan 12 Zulhijah.


Sementara khusus di Balai Ternak BAZNAS Dusun Baron, sebanyak 75 ekor kambing/domba  disembelih, yang berasal dari sedekah konsumen PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dan Mudhohi individu. Jumlah hewan kurban ini belum termasuk hewan kurban lain yang disembelih BAZNAS di berbagai lokasi penyembelihan lain.


Pimpinan BAZNAS Bidang SDM, Keuangan dan Umum, Kol (Purn) Nur Chamdani menjelaskan, tahun ini BAZNAS pusat menargetkan penghimpunan Kurban Berkah BAZNAS 2024 mencapai 7.000 ekor setara domba/kambing. Daging kurban ini akan disalurkan dalam bentuk bermacam-macam, yakni berupa daging sapi/domba segar, juga ada daging sapi olahan yang dikalengkan atau dikemas dalam bentuk pouch, dan akan didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia dan juga luar negeri. 


"Melalui Kurban Berkah BAZNAS 2024 ini, BAZNAS juga memfasilitasi kurban untuk masyarakat Palestina, dan kurban di daerah bencana," ujarnya.


Selain itu, daging kurban juga akan dibagikan kepada mereka yang mengalami stunting dan kemiskinan ekstrem di daerah-daerah terpencil dan terluar.  


Nur Chamdani juga mengatakan, BAZNAS akan memastikan tepat sasaran dan sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI. BAZNAS juga memberikan fasilitas bagi para Mudhohi yang akan menunaikan kurbannya hingga H+2 Idul Adha 1445 H. 


Sementara itu, Rudi Zulfikar, pendamping  Balai Ternak Berkah Barokah Farm Dusun Baron, desa Tanjung Muntilan  menyampaikan, ternak domba yang dipotong di sini sebanyak 75 ekor. Pemotongan dilakukan selama dua hari berturut-turut, hari ini dan besok (Senin-Selasa-red). Daging kurban diberikan kepada mustahik dan lembaga pendidikan Maarif yang berada di sekitar lokasi ternak. Hari pertama ini akan dibagikan kepada 550 kepala keluarga dan hari kedua 200 kepala keluarga.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar