Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, SMP Pendowo Ngablak Membuat Eco Enzyme

Dilihat 1183 kali

BERITAMAGELANG.ID-Aksi peduli sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, SMP Pendowo Ngablak dan Sekolah-sekolah Tarakanita wilayah Jawa Tengah melekukan gerakan membuat Eco Enzyme secara serentak. Aksi ini merupakan program SMP Pendowo Ngablak dan sekolah-sekolah Tarakniata Wilayah Jawa Tengah yang dilaksanakan secara serentah pada hari Rabu, 21 Febuari 2024. 

Kepala SMP Pendowo Ngablak, AY Budi Utomo, menyampaikan, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun ini siswa, guru, dan karyawan diajak untuk membuat eco enzyme. Eco enzyme merupakan larutan zat organik yang diproduksi dari proses fermentasi sisa limbah dapur organik, gula, dan air. Salah satu limbah dapur yang dapat diolah adalah kulit buah dan sayuran. "Saya mengajak seluruh siswa untuk mengumpulkan kulit buah dan sisa sayuran untuk diolah menjadi eco enzyme," kata Budi.


Para siswa, guru, dan karyawan sangat antusias dalam membuat larutan zat organik eco enzyme. Pembuatan eco enzyme ini dilakukan bersama seluruh warga komunitas sekolah Tarakanita secara serentak, salah satunya di SMP Pendowo Ngablak Kabupaten Magelang. Budi Utomo, memaparkan tentang pentingnya daur ulang dan cara mengurangi limbah yang dihasilkan dan cara merawat tanaman secara alami tanpa menggunakan pupuk kimia yang berbahaya bagi lingkungan, yakni dengan menggunakan eco enzyme.

Lebih lanjut, AY. Budi Utomo mengatakan kegiatan pembuatan eco enzyme juga melibatkan siswa dalam proses belajar yang interaktif dan menyenangkan. Para siswa belajar tentang konsep sains dan teknologi melalui proses pembuatan cairan yang melibatkan proses fermentasi dan kimia.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu siswa,  para guru dan karyawan untuk memahami bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama dan bahwa setiap orang dapat berkontribusi untuk menjaganya," pesan Budi Utomo.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar