Sosialisasi Program Adiwiyata Wujudkan Budaya Bersih Lingkungan Sekolah

Dilihat 1049 kali
Sosialisasi untuk mewujudkan budaya bersih di lingkungan sekolah bagi siswa.

BERITAMAGELANG.ID - Guna mewujudkan budaya bersih lingkungan, siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif Kricaan, MI Muhammadiyah Jagalan, dan MI Maarif Glagahombo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, melakukan sosialisasi bertema Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.


"Adiwiyata adalah program apresiasi pemerintah kepada sekolah, yang telah menerapkan prinsip peduli dan berbudaya dalam pelestarian lingkungan hidup," kata Sambodo dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang, pada sosialisasi di Aula MI Muhammadiyah Jagalan, Kecamatan Salam, Jumat (14/6/2024).


Menurut Sambodo, sosialisasi program Adiwiyata ini, merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan yang edukatif, partisipatif dan berkelanjutan di kalangan peserta didik, guru, wali murid, serta masyarakat sekitar. 


Dengan  memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, mulai dari pengelolaan sampah, penanaman pohon, konservasi air, hingga dampak perubahan iklim.


Tidak hanya itu, lanjut Sambodo, acara ini juga menjadi momentum untuk memperkenalkan gerakan-gerakan peduli lingkungan yang sedang berkembang di masyarakat saat ini, serta mengajak semua pihak untuk lebih peka dan aktif terlibat dalam aksi nyata terhadap isu-isu lingkungan yang terjadi saat ini.


Diharapkan, dengan adanya sosialisasi ini, akan muncul semangat baru di lingkungan madrasah, terlebih bagi kalangan generasi muda untuk menjadi agen perubahan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, sehingga tercipta masyarakat yang lebih peduli dan berbudaya lingkungan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar