Dinas Kominfo Lestarikan Budaya Lewat Festival Pertunjukan Rakyat

Dilihat 1620 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang akan menggelar Festival Pertunjukan Rakyat Berdiseminasi Informasi di Pasar Kebon Watugede Bandongan, Minggu (3/11/2019).


Pentas ini akan diikuti 9 grup kesenian, padepokan atau sanggar mewakili desa/ kelurahan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Magelang.


Festival ini bertujuan melestarikan seni dan budaya daerah guna mempertahankan budaya bangsa sebagai aktualisasi tanggung jawab moral generasi muda untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.


"Harapan kami juga bisa ikut mendukung pembangunan masyarakat di Kabupaten Magelang dan sekaligus memberikan hiburan yang berkualitas kepada masyarakat," kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Sugiyono, Selasa (22/10).


Dalam Festival bertema 'Peran Generasi Muda dalam Menjaga dan Menumbuhkan Semangat Kebangsaan, Persatuan, Nasionalisme dan Bhinneka Tunggal Ika' ini masing-masing peserta harus unjuk bakat menampilkan keseniannya tanpa meninggalkan pesan pentingnya.


"Mereka akan dinilai Dewan Juri dari kalangan Akademisi, Budayawan dan Birokrasi, yakni Komite Seni Budaya Nusantara," lanjut Sugiyono.


Para peserta akan memperebutkan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan.


Sembilan grup kesenian yang akan tampil adalah Sanggar Gaboet Wasesa Brengkel Salaman, Wonoseni Wonolelo Bandongan, Mageswara Pucung Pogalan Pakis, Sekar Pembayun Deles Jogonayan Ngablak, Kinnara Kinnari Tingal Kulon Wanurejo Borobudur, Mahespati Gadingan Ngluwar, Yak Siswo Budoyo Ngadigunung Windusari, Berkah Manunggal Pucungrejo Muntilan, dan Wargo Budoyo Glondongduwur Wulunggunung Sawangan.


"Kepada masyarakat, ayo saksikan dan ramaikan festival ini. Masing-masing peserta diberi waktu tampil 20 menit untuk menampilkan bakatnya," tandasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar