Kapolres Magelang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Dilihat 1473 kali
Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (10/11).

BERITAMAGELANG.ID - Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (10/11). 

Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta Mengheningkan Cipta Secara Serentak Selama 60 Detik, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri.

"Tema Hari Pahlawan Tahun 2019 adalah 'Semangat Pahlawan Di Dadaku" mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara," demikian disampaikan Kapolres dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan di sela upacara.

Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan.

"Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat lndonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia," lanjutnya.

Terlebih lagi, menurut Kapolres, dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

"Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industry 4.0," tandasnya.

Upacara diikuti Forkopimda, Pj Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD berikut karyawan karyawati Setda Kabupaten Magelang, serta perwakilan dari unsur TNI, Polri, pelajar dan organisasi pejuang veteran. Rangkaian peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Magelang dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giridarmoloyo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar