PPDB SMA-SMK 2024/2025: Catatan Empat Anak Magelang Pada Hari Pertama

Dilihat 479 kali

Full booked atau terisi penuh semua kursi tersedia di jalur prestasi pada hari pertama PPDB SMA-SMK 2024/2025. Sementara pada jalur afirmasi hanya di empat SMAN yang terisi penuh, yaitu SMAN Salaman, Muntilan, Kota Mungkid dan Grabag 1. Data masih terus berubah karena adanya pendaftar baru dan ada pindah pilihan, hingga diumumkan pada 27 Juni 2024.


Terjadi persaingan ketat pada nilai tertinggi, antara SMAN Muntilan dengan SMAN 1 Grabag. SMAN 1 Grabag mencatatkan rekor 95,95 lebih unggul dari rekor SMAN Muntilan 95,85. Namun, pada urutan kelima SMAN Muntilan mencatatkan rekor 95,18 sementara SMAN 1 Grabag rekornya 91,04. Bahkan, pada urutan terakhir (ke-71) SMAN Muntilan mencatatkan rekor 91,33.


Dilihat dari asal sekolah, nilai tertinggi di SMAN 1 Grabag atas nama Tifani Gladys Saputra, dari Desa Baleagung Grabag berasal dari SMPN 1 Grabag. Sementara nilai tertinggi di SMAN 1 Muntilan atas nama Irvan Ardiansyah dari SMP Muhamadiyah Plus Gunungpring.


SMPN 1 Muntilan mencatatkan rekor sebagai penyumbang terbesar pada lima besar jalur prestasi di SMAN 1 Muntilan (tiga kursi), dua kursi untuk SMP Muhamadiyah Plus Gunungpring.


Dominasi SMPN 1 Muntilan berlanjut sebagai penyumbang terbesar pada lima besar jalur prestasi di SMAN 1 Kota Magelang (tiga kursi). Pada urutan kelima Titah Ilmiah dari Pucanganom Srumbung. Pada urutan keempat Keisya G. Wijaya dari Pucungrejo Muntilan. Pada urutan ketiga Elvira Nurul Fauziah dari Kalibening Dukun. Pada urutan pertama Naila Hana Nibras dari Kelurahan Borobudur berasal dari SMPN 1 Salaman.


Terisi penuh atau fullbooked juga terjadi pada jalur prestasi di SMKN. Masing-masing pada SMKN Ngablak dengan pagu 108 kursi, dan SMKN Salam dengan pagu 81 kursi, SMKN Windusari dengan pagu 54 kursi.


Catatan dari jalur zonasi khusus SMAN 2 dan SMAN 5 Kota Magelang, yang dikhususkan untuk calon siswa dari Kecamatan Secang dan Tegalrejo, terpantau pada hari pertama PPDB dari 33 kursi di SMAN 2 Kota Magelang baru terisi 32. Sementara SMAN 5 Kota Magelang yang menyediakan pagu 43 baru terisi 27. Masih ada waktu 48 jam bagi yang berhak untuk mendaftar.


Terisi penuh atau fullbooked juga terjadi pada jalur Afirmasi di SMKN. Masing-masing pada SMKN Ngablak sesuai pagu 22 kursi, mencakup dua anak tidak sekolah (ATS). SMKN Salam sesuai pagu 17 kursi SMKN Windusari dengan pagu 11 kursi, mencakup satu ATS.


Jalur Afirmasi di SMAN belum sepenuhnya terisi. Jalur afirmasi SMAN 1 Candimulyo yang menyediakan pagu 58 baru terisi 28. Di SMAN 2 Grabag menyediakan pagu 58 baru terisi 23. SMAN 1 Mertoyudan yang menyediakan pagu 65 baru terisi 30.


Di Jalur Afirmasi secara keseluruhan anak tidak sekolah (ATS) yang mendaftar baru 17 calon siswa. Masih ada waktu 48 jam bagi yang berhak untuk memenuhi syarat untuk mendaftar.


Terpenuhinya jalur prestasi atau jalurnya anak pintar dalam PPDB disampaikan dengan rasa bangga (proudly congratulations). Belum terpenuhinya jalur afirmasi atau jalur bagi anak panti, anak tidak sekolah dan anak dari kelurga kurang mampu, disematkan harapan yang terbaik. Semoga kursi kosong segera terisi. Jika pagu tetap tidak penuh terisi, semoga berarti keberhasilan pengentasan kemiskinan.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar