KPU Kabupaten Magelang: Kecelakaan Truk Surat Suara Tidak Berdampak Signifikan

Dilihat 1505 kali
Proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2024 di Gudang KPU Tamanagung Muntilan Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang memastikan insiden kecelakaan truk pengangkut logistik surat suara Pemilu 2024 tidak menggangu jalannya pelipatan serta penyortiran surat suara.


Ketua KPU Kabupaten Magelang Afifudin mengatakan pihaknya baru menerima surat suara DPRD Jateng Dapil 4. Namun untuk Dapil 1 dan 6 DPRD Kabupaten Magelang karena terjadi musibah kecelakaan di Kalimalang Jambu hingga kini belum bisa sampai ke KPU Kabupaten Magelang.


"Kami masih menunggu dari pihak percetakan untuk dikirim surat suara tersebut," kata Afifudin kepada wartawan, Senin (8/1/2024).


Lebih lanjut Afif menjelaskan, atas kejadian kecelakaan tersebut bukan menjadi tanggung jawab KPU Kabupaten Magelang karena hanya pihak penerima. Sedangkan untuk serah terima hanya dilakukan untuk logistik yang sudah datang (diterima) KPU.


Ia juga tidak tahu pasti jumlah dan kondisi surat suara yang sempat tercecer dalam kecelakaan tersebut rusak atau tidak dan saat ini sudah diambil lagi oleh pihak percetakan. Sedangkan batas akhir dari pengiriman surat suara adalah 15 Januari 2024.


Afif memastikan atas kejadian kecelakaan itu tidak mengganggu proses sortir dan pelipatan surat suara di gudang KPU GOR Gemilang Mungkid, dan nantinya di Gudang Desa Deyangan Mertoyudan dan Gudang Tamanagung Muntilan.


"Kita tidak menunggu dua Dapil itu, tahapan pelipatan dan penyortiran tetap berjalan," ujar Afif.


Untuk diketahui, satu dari dua truk pengangkut surat suara DPRD Kabupaten Magelang mengalami kecelakaan di Raya Jambu Semarang Sabtu (6/1/2024) kemarin dan satu truk berhasil sampai di Gudang KPU Deyangan Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar