Libur Natal, Wisatawan Candi Borobudur Meningkat

Dilihat 1949 kali
Wisatawan Candi Borobudur di libur Natal tahun 2021

BERITAMAGELANG.ID - Momen libur Natal, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengalami peningkatan pengunjung dibandingkan dengan hari sebelumnya.  


General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto mengatakan prediksi untuk peningkatan jumlah wisatawan libur natal kali ini terjadi mulai Sabtu dan puncaknya pada Minggu (25-26/12).


"Itu kita perkirakan ya, kalau melihat tadi pagi (Sabtu) shift pagi sekitar 2.000-an ya dua kalinyalah bisa 5.000 maksimal 6.000," kata  Aryono di kantornya, Sabtu (25/12). 


Sejak pagi hingga siang pengunjung sudah mencapai di angka 2.000-an wisatawan. Untuk itu, hari ini jumlah kunjungan sudah mengalami peningkatan.


Secara akumulatif kunjungan di libur nataru ini bisa perkirakan Sabtu ini akan lebih tinggi, tapi juga melihat perkembangan di lapangan.


"Untuk tadi sampai siang sekitar 2.000-an, jadi maksimal di angka 5.000-an, kita perkirakan puncaknya," jelasnya. 


Menurut Aryono saat ini jumlah wisatawan Candi Borobudur sudah mulai mengalami peningkatan. Hal ini berbeda jika di awal bulan Desember yang pada hari biasanya sekitar 800-an pengunjung. 


Ditambahkan Aryono pada pekan sebelumnya, yakni Senin (20/12) kemarin angka kunjungan sekitar 800 dan naik jadi 1.000 orang. Sedangkan di akhir pekan yakni Jumat, Sabtu, Minggu jumlah wisatawan biasanya di angka 2.000 sampai 3.000.


"Jadi kemungkinan kita prediksikan untuk kegiatan natal ini ya puncaknya hari ini sama besok,” ujar Aryono. 


Dalam libur Nataru ini, kata Aryono, pihaknya tidak memasang target kunjungan wisatawan di Candi Borobudur. Saat ini yang ditekankan lebih pada penerapan protokol kesehatan dan wisatawan telah mematuhi peraturan yang ada. Hal ini sesuai arahan dari kantor pusat dan Kementerian.


"Mereka (wisatawan) harus sudah memenuhi persyaratan perjalanan seperti sudah vaksin, terus mengisi PeduliLindungi dan tentunya kalau ada anak ya harus didampingi oleh orangtua yang sudah vaksin," tegasnya.


Pihak TWCB juga memperkirakan jumlah pengunjung Candi Borobudur akan masih terjadi hingga libur tahun baru 2022.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar