Mahasiswa Didorong Jadi Inspirasi Perkembangan Sektor Usaha Berbagai Industri

Dilihat 672 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memberikan mata kuliah umum kepada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang, dengan mengangkat tema 'Mewujudkan Mental Kuat Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi' bertempat di Gedung dr. HR Suparsono Untidar Magelang, Rabu (23/8/2023).


Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan, di era globalisasi saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menuntut kita (mahasiswa utamanya) untuk terus meningkatkan potensi diri untuk menunjang produktivitas di berbagai sektor.


Di sisi yang lain, keberhasilan pembangunan di suatu negara salah satunya ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang kreatif dan inovatif sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan pembangunan di masa yang akan datang. Lebih-lebih, semangat dan optimisme yang pernah digelorakan Bung Karno harus menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk membangun bangsa. 


"Beri aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan beri aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Semangat dan optimisme tersebut, masih sangat relevan dalam menghadapi tantangan globalisasi saat ini," kata, Zaenal Arifin.


Menurutnya, generasi muda adalah kader yang akan memimpin bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Di tangan generasi mudalah, tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia berada. 


"Kalian-kalianlah, yang akan membawa dan menentukan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Agar menjadi negara yang lebih maju, beradab dan berdaya saing," ungkapnya.


Oleh karena itu, Pemerintah dan masyarakat mengharapkan perguruan tinggi saat ini tidak hanya menghasilkan generasi muda yang berkualitas dari segi intelektualnya saja, akan tetapi juga pandai menjadi pemimpin bagi lingkungan dan masyarakat serta memiliki mental yang kuat dan tangguh dalam menghadapi globalisasi saat ini, ujarnya.


Lanjut Zaenal, pada dasarnya, jiwa kepemimpinan tidak bisa dimiliki secara instan, butuh proses yang panjang untuk bisa mendapatkannya. Sehingga, kuliah umum ini adalah sebagai momentum yang tepat bagi mahasiswa baru fakultas Ekonomi Untidar untuk membangkitkan jiwa kepemimpinan agar melahirkan pemimpin-pemimpin yang mampu membawa masa depan yang lebih baik dan maju.


Ia mengatakan, peran mahasiswa sangatlah dibutuhkan yaitu dalam berinovasi dan berkreativitas di masyarakat, yang mana mahasiswa seringkali memiliki pandangan segar, gagasan inovatif, dan kreativitas yang dapat menghasilkan solusi baru untuk tantangan ekonomi dan sosial. 


"Mahasiswa dapat mengembangkan start-up, teknologi dan ide-ide baru yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya.


Di bidang kewirausahaan, mahasiswa dapat menjadi wirausaha yang berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendorong perkembangan sektor usaha di berbagai industri.


Sementara di bidang pendidikan, mahasiswa yang mengejar pendidikan di bidang ekonomi, bisnis, dan ilmu-ilmu sosial lainnya dapat menjadi sumber pengetahuan yang berharga. Mahasiswa dapat melakukan penelitian yang membantu menganalisis masalah ekonomi, mengidentifikasi tren, dan memberikan rekomendasi kebijakan.


"Selain itu, mahasiswa juga bisa memahami bahwa dinamika kehidupan setelah perkuliahan saat ini sudah sangat pesat, maka dibutuhkan berbagai kompetensi baik hard skill dan soft skill. Apapun nanti pekerjaan yang dipilih, harus dilandasi dengan integritas dan semangat juang yang tinggi dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal dengan jiwa kepemimpinan dan memiliki mental yang kuat," tutup Zaenal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar