Operasi Patuh Candi, Kapolres Magelang Targetkan Penurunan Angka Kecelakaan

Dilihat 1595 kali
Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo mengecek kesiapan petugas dalam Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Candi di Mapolres Magelang, Kamis (26/04)

BERITAMAGELANG.ID - Guna menjaga ketertiban lalu lintas, Polres Magelang menggelar Operasi Patuh Candi 2018 selama 14 hari, pada 26 April sampai dengan 9 Mei 2018.

"Giat operasi patuh ini dilaksanakan secara serentak se-Indonesia dengan target utama antara lain, pengemudi yang menggunakan handphone, pengemudi di bawah umur, pengemudi yang tidak menggunakan perlengkapan, pengemudi yang melawan arus, dan pengemudi yang tidak membawa kelengkapan surat-surat berkendara," terang Kapolres Magelang, AKBP Hari Purnomo, usai menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2018, di halaman Polres Magelang, Kamis (26/04).

Berdasarkan data kepolisian, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada 2017 mencapai 2.203 kejadian.

"Angka laka lantas tersebut telah mengalami penurunan sebanyak 239 kejadian, atau sebesar 13 persen dari periode sebelumnya yang berjumlah 2.542 kejadian. Sedangkan untuk jumlah pelanggaran lalu lintas sendiri mencapai 841.244 pelanggaran, atau naik sekitar 12 persen. Untuk wilayah Kabupaten Magelang sendiri, pada 2017 terdapat 4.028 tilang saat digelar operasi patuh," papar Hari.

Terkait hal tersebut, lanjut Hari, pada giat Operasi Patuh Candi 2018 ini pihaknya menargetkan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran.

"Tentunya kita juga meminimalisir tindakan-tindakan yang sifatnya represif dalam giat operasi ini. Dari jauh-jauh hari kita sudah menyampaikan kepada masyarakat, melalui rekan-rekan media, melalui media sosial, dan melalui himbauan kepada masyarakat bahwa kita akan melakukan Operasi Patuh dalam rangka menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas kepada masyarakat," tutupnya.

Pasukan gabungan akan dilibatkan dalam Gelar Operasi Patuh Candi 2018 kali ini, yakni Anggota Lantas Polres Magelang, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar