Pawai Kemerdekaan, Ribuan Warga Lereng Merapi Menari Bersama

Dilihat 1913 kali
Warga lereng Gunung Merapi Srumbung Kabupaten Magelang menari bersama di jalur evakuasi saat peringatan HUT ke 74 RI, Rabu (21/8).

BERITAMAGELANG.ID - Karnaval HUT ke 74 Kemerdekaan RI di lereng Gunung Merapi Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang berlangsung meriah. Ribuan warga turun ke jalan, mereka menari bersama penuh warna.


Menariknya, selain warga, tamu yang hadir dan anggota Forkopimcam Kecamatan Srumbung juga turut menari di sepanjang jalur evakuasi itu.


"Ini wujud bangsa yang kaya akan karya seni budaya 'sak iyeg sak eko proyo' atau bersama dalam kerukunan, ber gotong-royong memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74 kali ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso di sela Pawai Budaya Kecamatan Srumbung, Rabu (21/8).


Prosesi karnaval itu diikuti 50 kelompok dari 17 desa/kelurahan di Kecamatan Srumbung.  Peserta berdandan untuk menampilkan potensi dan budaya kebanggaannya. 


"Kita adalah bangsa yang unggul sejak zaman Majapahit dalam seni budaya yang mampu menyatukan nusantara. Ajang ini menjadi ajang aktualitas potensi, menumbuhkan UMKM masyarakat," terang Iwan.


Kemerdekaan ini, lanjut Iwan, patut disyukuri dengan melanjutkan estafet perjuangan para pahlawan melalui kegiatan yang bernilai manfaat demi kemajun di era teknologi.


"Tantangan ke depan semaikin berat di era industri 4.0 mampu menyelesaikan masalah bangsa. Kunci utama ada pada sumber daya manusianya, yakni pemuda dengan pendidikan untuk menjadi garda terdepan dalam bersaing dengan negara lain," pungkasnya.


Selain pawai budaya, dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ini, Kecamatan Srumbung juga menggelar berbagai kegiatan seperti pentas wayang kulit, bazar produk potensi dan aneka lomba menarik.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar