Pertama di Magelang, "Rumah Dataku" Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Dilihat 5113 kali
Plt. Sekda Kabupaten Magelang, Eko Triyono dan Deputi Keluarga Berencana BKKBN, Dwi Listyawardani resmikan Rumah Dataku di Magelang, Selasa (17/07)

BERITAMAGELANG.ID - Desa Pandanretno, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi satu satunya lokasi Rumah Dataku di Magelang. Program penting dari Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat itu berfungsi sebagai tempat pelayanan lintas sektor dari Pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat desa.

"Rumah Dataku ini baru ada di wilayah Kabupaten Magelang saja, kita berharap nantinya di setiap kampung KB itu dilengkapi dengan Rumah Dataku karena sangat penting dalam mensukseskan program menyejahterakan masyarakat," kata Deputi Bidang Keluarga Berencana BKKBN RI, Dwi Listyawardani usai meresmikan Rumah Dataku di Desa Pandanretno, Selasa (17/07).

Keberadaan Rumah Dataku ini, menurut Dani, tidak hanya menampung data program KB saja namun juga data terkait kesejahteraan masyarakat dari program  lintas sektor pemerintah.

"Rumah Dataku ini berkaitan data intervensi lintas sektor untuk mengetahui keberhasilan program kesejahteraan masyarakat," lanjutnya.

Lebih lanjut Dani mengatakan, bahwa pengelola Rumah Dataku adalah para kader KB dan Pemerintah desa setempat.

"Rumah Dataku dari desa, oleh dan untuk desa. BKBBN dan Pemerintah Daerah hanya memfasilitasi. Yang menginput dan mengupdate, melaporkan itu dari para pengelola pemerintah di tingkat desa," jelasnya.

Sesuai data BKKBN, keberadaan kampung KB saat ini baru terdapat 7.700 dari 75 ribu desa di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut baru 10 persen dari target BKKBN untuk tahun 2019 yakni sebanyak 21 ribu Kampung KB.

"Jadi kurang sekitar 25 persen dari desa seluruh Indonesia dengan prioritas desa tertinggal. Sementara desa yang sudah maju diharapkan melengkapi dirinya sendiri. Sedangkan yang belum maju kita beri bantuan fasilitas baik bantuan sarana maupun kesiapan sumber dayanya," paparnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Magelang Zaenal Arifin melalui Plt Sekda Eko Triyono, mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Magelang menyambut baik keberadaan Kampung KB dan Rumah Dataku karena kedua program itu menjadi bagian penting dalam upaya menyejahterakan masyarakat Magelang.

"Kampung KB ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, meningkatkan kualitas hidup sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan keluarga lebih baik," ungkapnya.

Untuk memaksimalkan program KB dan Rumah Dataku, Pemerintah Kabupaten Magelang berharap peran aktif dari setiap elemen masyarakat dalam berbagai program pemberdayaan. 

"Keterlibatan masyarakat sangat diharapkan agar kegiatan kegiatan prioritas pembangunan dapat terimplementasikan dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar