Kepala Perpusda Magelang, Endra Wacana: "Kami Ingin Perpus Nyaman Seperti Rumah Kedua"

Dilihat 2223 kali
Penyerahan buku secara simbolis dari Plt. Kepala Disdikbud, Haryono kepada Kepala Perpustakaan Daerah, Endra Wacana, di gedung Perpusda Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (20/07)
BERITAMAGELANG.ID - Untuk menumbuhkan minat dan daya baca masyarakat di Kabupaten Magelang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, menyerahkan bantuan berupa ribuan buku kepada Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Magelang, untuk didistribusikan pada perpustakaan-perpustakaan yang ada di desa.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Haryono, menyebutkan, pihaknya telah menyerahkan sebanyak 1.037 eksemplar buku, baik fiksi dan non fiksi kepada Perpusda Kabupaten Magelang.

"Hari ini kita telah menyerahkan bantuan sebanyak 1.037 buku, dengan 687 judul, yang terdiri dari 6 jenis buku, antara lain, buku agama, pendidikan, pertanian, fiksi, teknologi tepat guna, dan buku-buku pelajaran," ujar, Haryono, saat menyerahkan bantuan buku di Perpusda Magelang, Muntilan, Jawa Tengah, Jumat (20/07).

Bantuan buku-buku ini, lanjut Haryono, juga merupakan peran serta dari sekolah-sekolah yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan, terutama dalam menumbuhkan minat dan daya baca bagi masyarakat.

"Buku-buku ini sebagian besar nantinya akan didistribusikan di perpustakaan desa, terutama perpustakaan yang membutuhkan bantuan buku, seperti di Ngablak, Salam, dan Srumbung," terang Haryono.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, yang juga Kepala Perpusda Magelang, Endra Wacana, sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Disdikbud Kabupaten Magelang.

"Kami harap dengan adanya bantuan ini, nantinya dapat didistribusikan kepada perpustakaan-perpustakaan desa yang membutuhkan, sehingga dapat berimplementasi pada meningkatknya minat dan daya baca pada masyarakat, terutama para pelajar," harapnya.

Endra menyebutkan, saat ini jumlah koleksi buku di Perpusda mencapai 58.000 eksemplar terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya tentang pelajaran, lifestyle, hingga novel.

"Kami juga akan menata ruang baca di Perpusda ini agar lebih nyaman bagi pengunjung, supaya mereka betah berlama-lama membaca buku, seolah-olah berada di rumah kedua," tandasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar