Presiden ICW Jung Sook Kim Kunjungi Balkondes Ngadiharjo, Tinjau Lokasi Kongres Organisasi Perempuan Sedunia

Dilihat 2224 kali
Presiden International Council of Women (ICW) Jung Sook Kim bersama Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) Giwo Rubianto Wiyogo berkunjung ke Balkondes Ngadiharjo Borobudur, Rabu (09/05)

BERITAMAGELANG.ID - Keberadaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di wilayah Borobudur Magelang Jawa Tengah kini semakin diperhitungkan sebagai lokasi menyambut tamu-tamu kenegaraan. Presiden International Council of Women (ICW) Jung Sook Kim bersama Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) Giwo Rubianto Wiyogo berkunjung ke Balkondes Ngadiharjo Borobudur, Rabu (09/05). Jung Sook Kim, Giwo beserta rombongan tiba di Balkondes dan langsung disambut pentas kesenian Jathilan Turonggo Sari Mudho Tawangsari Ngadiharjo. Mereka ingin melihat bangunan, sarana prasarana dan aktivitas yang ada di Balkondes.

Giwo menuturkan, pada 6-12 September mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah kongres atau sidang umum United Nations-International Council of Women (ICW) ke-35 tahun 2018. Menurut Giwo, kegiatan bergengsi tingkat dunia tersebut, akan digelar di Hotel INA Garuda Yogyakarta, selain itu, nanti peserta juga akan diajak berkunjung dan menginap ke Balkondes-Balkondes yang ada di Borobudur.

"Kehadiran saya bersama Jung Sook Kim hari ini (kemarin,red), ingin meninjau kesiapan lokasi acara untuk event akbar General Assembly ICW September mendatang," ujar Giwo di sela kunjungan.

Perempuan asal Bandung Jabar itu menjelaskan, General Assembly ICW akan diikuti 1.000 peserta dari organisasi perempuan Indonesia dan dunia. Dari jumlah tersebut, 300-nya merupakan delegasi dari 70 Negara anggota PBB. Untuk menyongsong dan menyukseskan event tiga tahunan tingkat dunia tersebut, pihaknya kini tengah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti dengan institusi pemerintah, swasta juga dengan organisasi internasional.

"Kegiatan nantinya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Sepanjang sejarah, sejak berdiri ICW pada tahun 1888. Baru pertama kali ini Indonesia menjadi tuan rumah," lanjutnya.

Aktivis perempuan yang sudah berkiprah lama di berbagai organisasi perempuan Indonesia itu menambahkan, dipilihnya Balkondes untuk jujukan delegasi perempuan hebat sedunia ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, Balkondes yang merupakan binaan Kementerian BUMN atau pembangunannya dari hibah (sponsor) BUMN tersebut, pengelolaan atau pemberdayaanya diserahkan pada masyarakat desa, untuk meningkatkan ekonomi desa, di situ ada peran atau keterlibatan perempuan dan anak.

"Role model, pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan potensi perempuan dan anak serta potensi lainnya akan kita tunjukan kepada mereka. Semoga bisa menjadi role model di Indonesia dan dunia," harapnya.

Sementara itu, Jung Sook Kim menuturkan, dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah ICW tahun 2018 ini ada beberapa alasan kuat yang melatarbelakanginya, diantaranya Organisasi KOWANI di Indonesia merupakan organisasi perempuan tertua dan terbanyak anggotanya, selain itu, kreativitas dan inovasi kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat sudah terbukti dan teruji. 

"Upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, khususnya wanita melalui pembinaan ekonomi desa yang baik seperti Balkondes ini, akan saya tunjukkan kepada dunia," janjinya.

Camat Borobudur, Nanda Cahaya Pribadi menyambut baik kunjungan Presiden ICW dan KOWANI di Balkondes Ngadiharjo. 

"Kehadiran Presiden ICW dan delegasi organisasi perempuan sedunia nantinya kami harapkan bisa makin mengenalkan keberadaan Balkondes di dunia internasional, harapannya ke depan kunjungan ke Balkondes juga meningkat," harap Nanda.

Pun, pihaknya akan menyiapkan kunjungan pada event September mendatang dengan sebaik mungkin.

"Untuk menyambut kehadiran tamu September mendatang, pihak PU kini tengah menata infrastruktur jalan menuju Balkondes. Kami mohon maaf kalau saat ini masih terganggu perjalanannya karena dalam masa pengerjaan," tutupnya. (san).

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar