RAPI Gelar Muswil Pilih Pengurus Baru

Dilihat 1949 kali

BERITAMAGELANG.ID - Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) merupakan mitra Pemerintah sejak 1980. RAPI telah berkontribusi secara nyata kepada masyarakat sesuai dengan bidangnya yaitu mengirimkan pesan-pesan informasi melalui perangkat radio RIG/HT. 


Demikian disampaikan Bupati Magelang Zaenal Arifin pada acara Musyawarah Wilayah Ke-10 RAPI Wilayah 04 Kabupaten Magelang di Pendopo Merapi, Rumah Dinas Bupati Magelang, Minggu (23/1).


Zaenal Arifin mengungkapkan, RAPI telah banyak berperan dalam kegiatan positif di berbagai kegiatan sosial, seperti penyelenggaraan pemberangkatan dan penjemputan Haji, bantuan komunikasi pada Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru, Hari Raya Idul Fitri, begitu juga terkait informasi kebencanaan maupun kegiatan kemasyarakatan yang lain.


"Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi RAPI selama ini, khususnya kepada RAPI Wilayah 04 Kabupaten Magelang," ungkap Zaenal Arifin.


Ada beberapa poin penting yang disampaikan Zaenal Arifin melalui musyawarah wilayah tersebut. Ia berpesan hendaknya keputusan yang diambil betul-betul berdasarkan peraturan yang berlaku, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, dan mufakat serta mengedepankan kepentingan masyarakat, sehingga melahirkan keputusan yang tepat dan berkeadilan. 


Dengan mengangkat tema 'Meningkatkan Peran Organisasi RAPI Bagi Pemerintah dan Masyarakat' RAPI diharapkan selalu berpartisipasi aktif dalam mengcounter derasnya arus informasi dan komunikasi pada era globalisasi yang melanda saat ini. Di samping memberikan dampak yang positif bagi pemenuhan kebutuhan akan layanan informasi yang cepat, murah dan berkualitas, namun di sisi lain akan memberikan dampak negatif yang amat luas, bila informasi yang diterima tidak difilter terlebih dahulu. 


"Untuk itu, RAPI harus bisa berperan menjadi filter dalam rangka mengantisipasi arus globalisasi informasi yang amat berpengaruh bagi masyarakat. Terakhir dengan kepengurusan yang baru, tentunya teriring harapan semoga bisa lebih optimal serta selaras dengan program Pembangunan di Kabupaten Magelang dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat," tandas Zaenal.


Ketua RAPI 11 Jawa Tengah (Juliet zolu 11 HAK), Abdul Manan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Musyawarah Wilayah Ke-10 RAPI Wilayah 04 Kabupaten Magelang. Ia juga berpesan kepada siapa saja yang nanti akan terpilih menjadi ketua dan jajaran pengurus yang baru untuk bisa bersinergi dengan pemerintah.


"Program Pemerintah harus kita bantu semua. Kita akan hadir untuk Pemerintah dan masyarakat," ujar Abdul Manan.


Menurutnya, Kabupaten Magelang termasuk wilayah yang rawan bencana, baik gunung berapi, tanah longsor dan sebagainya. Maka RAPI akan lebih baik apabila bisa bersinergi dengan pemerintah dalam hal ini dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam upaya meringankan beban Kabupaten Magelang.


Abdul Manan menyebutkan di Jawa Tengah terdapat kurang lebih 7.000 anggota aktif RAPI. Ia berharap anggota RAPI di Kabupaten Magelang juga bisa semakin bertumbuh dan bertambah banyak serta bermanfaat bagi Pemerintah dan masyarakat.


Dalam kesempatan yang sama Ketua RAPI 11 Jawa Tengah (Juliet zolu 11 HAK), Abdul Manan memberikan tanda kehormatan kepada Bupati Magelang berupa Call Sign 'JZ 11 NTR'.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar