Sempat Terkendala Jaringan, Pjs Bupati Magelang Jamin UNBK Berjalan Lancar

Dilihat 1956 kali
Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto bersama rombongan Forkopimda dan Anggota DPR RI Komisi VIII Choirul Munna memantau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Srumbung dan Mts Muhammadiyah Srumbung, Senin (23/04)

BERITAMAGELANG.ID - Sempat terkendala jaringan, Pejabat sementara (Pjs) Bupati Magelang Tavip Supriyanto menjamin pelaksanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Magelang Jawa Tengah berjalan lancar.
Hal tersebut dikatakan Tavip usai meninjau UNBK hari pertama di sejumlah sekolah di lereng Gunung Merapi, Senin (23/04).

Tavip bersama rombongan Forkopimda dan Anggota DPR RI Komisi VIII Choirul Munna memantau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Srumbung dan Mts Muhammadiyah Srumbung yang hanya berjarak 14 kilometer dari puncak Gunung Merapi.
Menurut Tavip, kendala UNBK pada awal ini akibat jaringan server yang tidak terhubung. 

"Tadi sempat error, siswa kesulitan membuka halaman pertama soal, tapi itu tidak berpengaruh terhadap kesiapan siswa," jelas Tavip.

Kendala tersebut, lanjut Tavip, tidak berlangsung lama, hanya beberapa menit, kemudian siswa bisa mengakses soal UN dengan lancar.

"Dari hasil pantauan pelaksanan UNBK hari pertama di Kabupaten Magelang berjalan lancar," lanjut Tavip.

Dia berharap tidak ada kendala lainnya dalam UNBK tingkat SMP kali ini.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Haryono mengaku, kendala tidak hanya dialami sekolah di lereng Gunung Merapi, tapi juga terjadi di seluruh Indonesia. 

"Gangguan terjadi karena sistem yang sibuk untuk pelaksanan ujian serentak SMP sederajat se-Indonesia," kata Haryono.

Haryono menyebutkan, sedikitnya 17.189 siswa dari 210 SMP/Mts di Kabupaten Magelang mengikuti UNBK pada 23 - 26 April.

"Untuk sekolah yang belum memiliki perangkat komputer, ujian digelar menggunakan fasilitas SMA terdekat," tutup Haryono.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar