Waisak, Polresta Magelang Lakukan Pengamanan dan Rekayasa Lalu Lintas

Dilihat 1749 kali
Pastikan Perayaan Waisak Aman, Polresta Magelang Lakukan Pengamanan Dan Rekayasa Lalu lintas dalam pengamanan Perayaan Waisak 2567 BE / Th 2023 agar berlangsung aman.

BERITAMAGELANG.ID - Untuk memastikan seluruh rangkaian Perayaan Waisak 2567 BE / 2023 berlangsung aman, dari mulai acara karya bakti di TMP, pengobatan gratis, pengambilan api alam dari Mrapen Grobogan yang disakralkan di Candi Mendut, serta Sabtu (3/6/2023) pengambilan air berkah dari Jumprit Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung yang disakralkan di Candi Mendut Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, Polresta Magelang Polda Jateng lakukan pengamanan.


Prosesi serta Detik Detik Waisak yang diprediksi padat oleh pengunjung dari wisatawan lokal maupun mancanegara.  


Polresta Magelang selain berikan pengamanan juga lakukan rekayasa arus lalu lintas pada Minggu (4/6/2023) pagi. 


Kapolresta Magelang Polda Jateng Kombes Pol Ruruh Wicaksono, Sabtu (3/6/2023) menyampaikan, pada saat berlangsungnya prosesi Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur pukul 06.30 WIB.


“Sebelumnya sudah dilakukan rekayasa lalu lintas demi keamanan perayaan Waisak dan juga masyarakat lainnya tetap dapat beraktivitas seperti biasa,” tuturnya.


Prosesi akan menggunakan ruas jalan utama, dan bagi pengguna jalan lainnya akan dialihkan arus lalu lintasnya untuk sementara waktu sampai rombongan prosesi Waisak selesai tiba di Candi Borobudur. 


“Pengalihan arus ini akan kita fokuskan pada hari Minggu pagi saja", ujar Kombes Pol Ruruh.


Kasat Lantas Polresta Magelang Kompol Agus Santoso menerangkan, jalan dari Candi Mendut hingga Candi Borobudir akan ditutup selama prosesi berlangsung, dan arus kendaraan di jalan tersebut akan dialihkan dengan lalu lintas. 


Yang pertama, Sp3 Srowol dialihkan belok kanan menuju Jl. Magelang - Yogyakarta (Sp3 Pabelan). Sp3 Cabean dialihkan belok kanan menuju Jl. Soekarno Hatta (Sp4 Kubah Kuning). Untuk Sp4 Ngaran Bawah dialihkan belok kiri menuju Jl. Soekarno Hatta (Sp3 An Nur). 


"Sehingga untuk warga dan pengguna jalan dari arah Palbapang menuju arah Mendut, arus lalu lintasnya akan dibelokkan ke kanan ke Simpang Tiga Cabean melewati Ngrajek, Jetis, Simpang Rambeanak,” jelasnya.


Dijelaskan lebih rinci dari arah Ngaran kita alihkan lewat Swarga Bumi belok kanan ke simpang empat Bumisegoro lewat Kujon, lurus ke Koramil belok kiri ke Sigug. Kemudian belok kanan sampai Ngroto, keluar ke arah Masjid An-Nur terus belok kiri. 


Untuk Parkir Pengunjung Via Pintu 3 TWCB (melalui Sp4 Koramil Borobudur - Sp4 Pasar Borobudur - Sp3 Polpar - Pintu 3 TWCB). Warga yang akan menyaksikan prosesi bisa datang ke lokasi menggunakan kendaraan bermotor, dan akan disediakan lahan parkir di sekitar Lapangan drh Soepardi, Sawitan. 


"Silakan jalan kaki di sepanjang trotoar wilayah Dusun Karet. Lokasi yang berdekatan dengan rute yang akan dilalui prosesi adalah Candi Pawon dan Sp3 Rani Jaya, juga terdapat kantong-kantong parkir di sekitar rumah warga,” pungkas Kompol Agus.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar