Hingga Tahun 2023, 18 Forum Anak Kecamatan di Kabupaten Magelang Telah Terbentuk

Dilihat 2375 kali
Pembentukan Forum Anak Kecamatan Salaman

BERITAMAGELANG.ID-Dalam rangka mewujudkan generasi yang percaya diri sekaligus mampu menjadi pelopor dan pelapor, Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang membentuk Forum Anak Kecamatan Salaman di aula Kantor Kecamatan Salaman pada hari Jumat 23 Juni 2023.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Fathonah SE, MM, di kantornya Senin (26 Juni 2023). Pembentukan forum anak dilaksanakan oleh Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA yang pelaksanaannya diwakili oleh Kepala Bidang PPPA dan dihadiri oleh Camat Salaman, Imam Wisnu Kusuma, S.STP. MM.

KepalaDinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang, yang diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Fathonah SE, MM, menyampaikan bahwa jumlah anak yang dikukuhkan sebagai anggota Forum Anak Kecamatan sebanyak dua puluh anak. "Ada duapuluh anak yang kami kukuhkan dan usia mereka berkisar antara 13 sampai dengan 18 tahun dan aktif serta berminat untuk berorganisasi," kata Fathonah.

Dijelaskan Fothonah dengan pembentukan forum anak kecamatan Salaman ini, maka ke depan di seluruh Kabupaten Magelang telah terbentuk forum anak sejumlah 18 forum anak kecamatan dari 21 kecamatan di Kabupatn Magelang. Tiga kecamatan yang belum terdapat forum anak adalah Dukun, Mertoyudan dan Tempuran. "Insya Allah tahun ini di tiga kecamatan itu segera dibentuk forum anak," jelasnya.

Forum anak Kecamatan, merupakan wadah dan sarana anak dalan menyampaikan aspirasi yg berhubungan dengan anak di tingkat kecamatan. Menjamin pemenuhan hak anak, dan terwujudnya sarana prasarana tumbuh kembang anak.

"Yang lebih penting. forum dapat mendorong tumbuhnya generasi yang percaya diri dapat meningkatkan kemampuan pemahaman pengetahuan, kesadaran dan perannya sebagai pelopor dan pelapor," ungkapnya.

Forum Anak Desa

Lebih jauh Fathonah menjelaskan selain di tingkat kecamatan, pada tahun ini Dinsos PPKB PPPA juga membentuk forum anak di tingkat desa. "Forum anak tingkat Desa yang dibentuk tahun ini adalah Forum Anak Desa Ngablak Kecamatan Ngablak, Forum Anak Desa Losari Kecamatan Pakis, Forum Anak Desa Ngawonggo Kecamatan Kaliangkrik, Forum Anak Desa Windusari, Forum Anak Desa Kembang Kuning, Forum Anak Desa Candisari Windusari, Forum Anak Desa Balesari Kecamatan Windusarii, Forum Anak Desa Japan Tegalrejo. Forum Anak Desa Tampingan Tegalrejo, dan Forum Anak Desa Blondo Kec.Mungkid," pungkas Fathonah.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar