20.000 Peserta Ikuti Fun Walk Peringati Hari BPR BPRS Nasional

Dilihat 918 kali
Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto bersama Ketua Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia) Pusat, Tedy Alamsyah dan jajaran dan Kapolresta Magelang Kombes Pol Mustofa saat membuka sekaligus melepas puluhan ribu peserta fun walk memperingati Hari BPR BPRS Nasional.

BERITAMAGELANG.ID- Sebanyak 20.000 peserta ikut serta pada kegiatan Fun Walk dalam rangka memperingati Hari BPR BPRS Nasional yang dimulai pukul 07.00 wib start dari lapangan drh. Soepardi, Kota Mungkid, Minggu (26/5/2024).

Kegiatan Fun Walk di buka sekaligus dilepas langsung oleh, Ketua Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia) Pusat, Tedy Alamsyah beserta jajaran, Kapolresta Magelang, Kombes Pol Mustofa dan Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto.

Ketua Perbarindo Pusat, Tedy Alamsyah menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan Hari BPR BPRS Nasional. Secara nasional kegiatan ini di pusatkan di Kabupaten Magelang dan secara serentak dilaksanakan di 24 DPD di seluruh Indonesia.

"Tema kegiatannya hampir sama, ada baksos dan fun walk," ungkap Tedy.

Kemudian, lanjut Tedy, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 di Yogyakarta, Malang, Bali dan tahun ini dilaksanakan di Jawa Tengah. Sementara tujuan dari kegiatan ini adalah meliberalisasi dan mengedukasi serta mengenalkan industri BPR BPRS bagi masyarakat. 

Ia menjelaskan bahwa, industri BPR ini sudah lahir sejak zaman sebelum kemerdekaan yang sering disebut dengan Bank Desa, kemudian setelah kemerdekaan disebut Bank Pasar, dan setelah vacto 1988 maka disebut dengan BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Kemudian dengan adanya UU Nomor 4 P2SK berubah lagi menjadi Bank Perekonomian Rakyat dan Bank Perekonomian Rakyat Syariah.

Menurut Tedy sendiri, kondisi BPR di akhir Desember tahun 2023, pertumbuhannya, baik vending maupun landing masih diangka sekitaran 9-10 persen (baik) dan kepercayaan oleh pihak ketiga juga semakin meningkat.

"Jadi untuk menebalkan kepercayaan masyarakat, industri BPR BPRS sampai dengan hari ini masih baik-baik saja. Sampai saat ini asetnya mencapai kurang lebih 216 triliun," kata Tedy.

Sementara terkait target pada tahun 2024, BPR BPRS sedang melakukan pemulihan ekonomi. Kemudian secara UU No 4 P2SK ruang lingkup kegiatan industri BPR BPRS semakin luas, yang dulunya memiliki stigma perkreditan maka juga bisa Safeing dan melakukan kegiatan literasi seperti acara hari ini.

Sementara Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto, sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan fun walk yang dilaksanakan oleh BPR BPRS ini untuk memberikan literasi kepada masyarakat.

"Kebetulan BPR Bank Bapas 69 yang kita miliki ini laporannya juga bagus, pertumbuhannya bagus dan pelayanannya juga bagus," ungkap Sepyo.

Sepyo berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini semua Bank Perekonomian Rakyat bisa terus berkembang dan bertumbuh dengan lebih baik lagi.

"Dan yang paling penting bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai kebutuhannya masing-masing di bidang perekonomian," harap Sepyo.

Untuk diketahui kegiatan fun walk ini juga dimeriahkan dengan hiburan band serta undian door prize oleh BPR BPRS diantaranya, 10 unit motor, mesin cuci, TV 24 inc, mesin cuci, sepeda santai dan deposito dengan total hadiah lebih dari Rp 200 juta.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar