367 Perangkat Desa Dijadwalkan Ikut Workshop Kearsipan

Dilihat 1012 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang terus berupaya meningkatkan kemampuan perangkat desa dan kelurahan agar dapat melakukan pengelolaan arsip dengan baik. Sepanjang tahun 2022 ini, sebanyak 367 orang perangkat ditargetkan dapat mengikuti workshop. Penyelenggaraan workshop kearsipan bagi perangkat desa dilaksanakan secara bertahap dari 15 Maret sampai 16 November 2022.


"Penyelenggaraan workshop dimulai dari Kecamatan Kajoran pada 15 Maret dan diakhiri tanggal 16 November 2022 di Kecamatan Ngluwar," ungkap Ketua Penyelenggara Workshop Kearsipan, Agus Budiwiantara di sela acara pembukaan workshop kearsipan di Kantor Kecamatan Bandongan, Rabu (20/7/2022). 


Disampaikan oleh Budiwiantara, tujuan penyelenggaraan workshop kearsipan, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di tataran pemerintah desa di bidang kearsipan, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pengelola kearsipan.


"Serta meningkatkan keterampilan pengelola arsip yang berbasis teknologi informasi dan  komunikasi," ujarnya. 


Workshop Kerasipan Kabupaten Magelang menghadirkan narasumber Anggota DPRD, pejabat struktural Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, dan pejabat fungsional kearsipan sebanyak 12 orang. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi menyampaikan pengelolaan arsip wajib dilakukan oleh pencipta arsip termasuk di dalamnya Pemerintah Desa. 


"Tugas itu adalah amanah Undang Undang," tegasnya.


Pencipta arsip harus menyadari bahwa arsip itu harus dijaga keutuhan, keamanan dan keselamatannya. Oleh karena itu penyelenggaraan workshop diharapkan dapat meningkatkan kemampuan perangkat desa. 


"Yang lebih penting workshop dapat mendorong peserta dapat melakukan adaptasi dalam pengelolaan arsip sesuai perkembangan zaman dan teknologi," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar