Anggota DPR Sudjadi Gelar Dialog dengan Warga Akar Rumput

Dilihat 2950 kali
Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Sudjadi menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) dipandu Mul Budi Santoso, di Ndalem Joglo Merapi, Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jumat (10/6/2022).

BERITAMAGELANG.ID - Pelaksanaan pembangunan di sektor pariwisata, pertanian, pengerasan jalan hingga pembangunan embung, menjadi program usulan yang disampaikan warga akar rumput, saat anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Sudjadi menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) dalam menjaga persatuan Indonesia melalui kebersamaan akar rumput.


Sosialisasi yang dilakukan Anggota DPR RI, Sudjadi dari PDI Perjuangan itu, dipandu Mul Budi Santoso yang akrab disapa Bodrek tersebut, diikuti ratusan warga akar rumput dan kepala desa di Dapil 6 (Kecamatan Salam, Srumbung, Dukun, Muntilan dan Ngluwar), berlangsung di Ndalem Joglo Merapi, Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jumat (10/6/2022) malam.


Menurut Sudjadi, empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada  warga akar rumput, sebagai generasi bangsa Indonesia. Untuk itu, empat pilar kebangsaan ini harus dimaknai sebagai alat untuk membangun bangsa, dengan cara menyerap aspirasi warga untuk disampaikan kepada pemerintah melalui perwakilan di DPR.


Melalui sosialisasi, setidaknya dapat memberi pemahaman bagi masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. 


“Lebih dari itu, sebagai masyarakat yang majemuk harus menjujung tinggi Pancasila sebagai pemersatu bangsa untuk mewujudkan pembangunan yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” ujarnya.


Lebih lanjut, politisi senior dari PDI Perjuangan itu berpesan agar menjaga  persatuan Indonesia dengan mempersatuan rakyat merupakan wujud  kekuatan dalam melaksanakan pembangunan yang dapat dinikmati warga di akar rumput. 


“Dengan program pembangunan hingga pedesaan, maka hasilnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” katanya.


“Saya mencoba memahami aspirasi masyarakat di akar rumput agar betul-betul bisa memperjuangkan desa yang tidak tanggung-tanggung. Selagi rakyat percaya karena program aspirasi terwujud secara nyata,” imbuhnya.


Dalam dialog yang dipandu Bodrek tersebut, banyak aspirasi yang disampaikan warga, diantaranya  disampaikan Giyono, warga asal Dusun Salamsari, Desa Mranggen, Kecamatan Srumbung, terkait rencana pembangunan  embung di desanya untuk  peningkatan pengairan pertanian agar dapat meningkatkan ekonomi.


Usulan pembangunan embung yang sudah mendapat perstujuan dari Kementrian PUPR, merupakan aspirasi yang dibawa anggota DPR RI, Sudjadi, sehingga nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat. 


“Adanya embung, tidak hanya untuk pertanian, tetapi juga untuk pariwisata,” ujarnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar