Antisipasi Kecelakaan, Dishub Pasang Barrier di Simpang Brojonalan

Dilihat 1119 kali
Simpang Brojonalan telah dipasang barrier pengaman jalan yang merupakan rekayasa lalu lintas dari Dishub Kabupaten Magelang untuk menekan angka kecelakaan
BERITAMAGELANG.ID - Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang  mengevaluasi rekayasa lalu lintas di simpang Brojonalan Borobudur karena lokasi tersebut rawan terjadi kecelakaan.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Mashadi mengatakan, belum lama ini sudah diterapkan rekayasa lalu lintas, namun masih tetap dilakukan evaluasi.

"Dimungkinkan akan terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang melintas di simpang Brojonalan di akhir tahun ini. Hal itu yang menjadikan salah satu barometer evaluasi kami, apakah sudah betul atau perlu diubah," terang Mashadi, Kamis (23/12).

Adapun rekayasa yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang adalah dengan memberi pembatas jalan mulai dari arah Jembatan Progo, Jl. Balaputradewa dan Jl. Syailendra Raya. 

Titik tengah pembatas dibentuk melingkar agar pengguna jalan dari ketiga arah tadi dapat berjalan melingkar sesuai dengan arah tujuan dan tidak saling memotong jalan, sehingga potensi kecelakaan lalu lintas dapat dihindari.

"Di tempat barrier juga kami pasangi rambu, dan pengendara kendaraan mengurangi kecepatan saat melintasi simpang tersebut," terang Mashadi.

Mashadi berharap rekayasa lalu lintas tersebut menjadi solusi menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pengambil kebijakan Program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur (KSPN).

"Karena bagaimanapun juga Borobudur berada di wilayah KSPN, sehingga hal-hal seperti ini perlu dikoordinasikan bersama," tandas Mashadi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar