Antisipasi Kemacetan Jelang Tahun Baru, Polres Magelang Rekayasa Lalu Lintas

Dilihat 1023 kali
Simpang Tiga Patung Soekarno Hatta, Mendut yang menjadi salah satu titik rawan kemacetan

BERITAMAGELANG.ID - Berbagai macam cara dilakukan Polres Magelang dalam memberikan pelayanan, keamanan dan kenyamanan saat Natal dan Tahun baru.


Salah satunya adalah yang akan dilakukan pada saat menjelang pergantian malam tahun baru 2022. Polres Magelang melakukan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kemacetan di beberapa titik rawan.


"Kami akan lakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik rawan. Hal itu sebenarnya setiap tahun selalu kita lakukan dengan tetap melihat kondisi yang ada di lapangan nantinya," kata Kasatlantas Polres Magelang, AKP Faris Budiman, Jumat (31/12).


Dijelaskan Faris, beberapa titik yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas diantaranya adalah di Simpang Artos Mertoyudan Magelang. Ketika kondisi macet maka arus lalu lintas dari arah Kota Magelang atau Semarang menuju Purworejo dilarang berbelok ke kanan pada simpang 3 taman Akmil (depan Pos Lantas Armada), tapi terlebih dahulu jalan lurus ke arah Yogyakarta dan putar balik di depan Seminari.


"Sedangkan untuk arus lalu lintas dari arah Yogyakarta menuju Kota Magelang ataupun Semarang diimbau agar tetap lurus memasuki Kota Magelang dan Jl. Soekarno Hatta. Apabila pengguna jalan belok ke arah Purworejo dilarang berputar balik di depan taman Akmil," lanjutnya.


Kemudian, dijelaskan Faris, pengendara yang berasal dari arah Purworejo menuju Artos Mall maupun Yogyakarta dilarang berbelok ke kanan pada trafic light depan Artos Mall. Namun dialihkan menuju Jl. Soekarno Hatta dan berputar balik pada U-Turn Terminal Tidar Magelang.


Saat itu Faris juga menyampaikan, rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan juga di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB).


"Untuk di Kawasan TWCB ketika kondisi macet lalu lintas yang menuju TWCB diberlakukan sistem buka tutup arus lalu lintas," jelasnya.


Lokasi yang diberlakukan sistem buka tutup arus diantaranya adalah di Simpang 3 Patung Soekarno Hatta, Simpang 4 Brojonalan, Simpang 3 Terminal Tugu Ireng, Simpang 4 Koramil, Simpang 3 Kujon dan Simpang 3 Ngaran Ngisor.


"Namun, sekali lagi, penerapan tersebut selalu kita lihat kondisi di lapangan nantinya," ungkapnya.


Kasatlantas juga mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi peraturan lalu lintas yang ada demi keselamatan berkendara.


"Kalau memang tidak penting sekali saya sarankan di rumah saja. Namun, kalau memang terpaksa keluar, jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Semoga tahun baru ini situasi berjalan aman kondusif dan tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar