Aparatur Pemerintah Desa Harus Mampu Meningkatkan Kinerja Dalam Melayani Masyarakat

Dilihat 1719 kali

BERITAMAGELANG.ID- Tantangan pelayanan publik saat ini semakin berat dan kompleks, peran teknologi setelah adanya Pandemi Covid-19 terus mengalami kemajuan. Dengan kondisi tersebut, masyarakat sebagai pengguna/user semakin nyaman dan menikmati layanan berbasis teknologi itu untuk memenuhi kebutuhannya.

Hal ini disampaikan oleh, Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memberikan arahan pada kegiatan pembinaan Aparatur Pemerintah Desa bagi Kepala Urusan dan Kepala Seksi di Kabupaten Magelang, bertempat di Grand Artos Hotel Magelang, Selasa (8/8/2023).

Menurut, Zaenal Arifin, status atau profesi perangkat desa saat ini semakin diminati, sehingga membuat banyak pihak dengan berbagai motif menyoroti kinerja Aparatur Pemerintah Desa. Maka ini menjadi tantangan yang harus dijawab oleh Pemerintah Desa. 

"Untuk itu, jabatan Kepala Seksi dan Kepala Urusan yang Saudara emban saat ini sebagai posisi yang strategis dan menjadi representasi serta cerminan citra Pemerintah di hadapan masyarakat desa, karena dalam menjalankan tugasnya, Kasi dan Kaur berhadapan langsung dengan masyarakat desa dengan segala dinamika persoalan yang terjadi," kata Zaenal Arifin.

Melalui pelatihan peningkatan kapasitas ini, Zaenal berpesan agar momentum ini bisa menambah pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola Pemerintahan Desa yang berkualitas. Aparatur Desa dengan seluruh komponennya harus bisa mengemban amanah. 

"Seluruh proses pembangunan, harus taat pada aturan dengan transparan, partisipatif dan akuntabel serta dikelola dengan benar," pesannya.

Selanjutnya, Zaenal juga meminta agar Desa mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dari sumber-sumber yang dimiliki desa, baik dari keberadaan Bumdes maupun dari potensi alam yang dimiliki oleh desa. 

Melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang optimal, Ia menyakini bisa meningkatkan perekonomian di desa, sehingga bisa memberikan dampak signifikan bagi kesejahteraan, baik bagi para pengelola maupun masyarakat.

Terakhir, melalui kegiatan peningkatan kapasitas ini Ia berharap bisa terbentuk karakter Aparatur Pemerintah Desa yang menjadi teladan sekaligus penggerak, bagi seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama membangun desa, sehingga terwujud pemerintahan desa yang kuat, karena didukung oleh masyarakat.

"Saya juga minta agar Perangkat Desa untuk selalu melaporkan progres capaian pembangunan, baik fisik maupun non fisik, kepada Kepala Desa. Kemudian, selalu meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa serta mencari solusi bersama di dalam pemecahan masalah, dengan begitu akan tercipta Pemerintahan Desa yang kuat, maju, demokratis, mandiri dan sejahtera," harapnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar