Apel Tiga Pilar Pastikan Pilkada Berjalan Dengan Lancar

Dilihat 944 kali
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Bupati Magelang Sepyo Achanto dan jajaran Forkompimda Kota/Kabupaten Magelang dan seluruh Kepala Desa saat mengikuti Apel 3 Pilar
BERITAMAGELANG.ID- Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto bersama jajaran Forkompimda dan seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Magelang menghadiri acara Apel 3 Pilar bersama Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi bertempat di Gedung Jenderal Besar A. H. Nasution Kompleks Akmil, Magelang, Selasa (11/6/2024).

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, kegiatan Apel 3 Pilar ini dalam rangka untuk mempersiapkan Operasi Mantap Praja yang akan dilaksanakan pada awal bulan Agustus 2024 secara serentak di seluruh 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

"Tentu kita akan memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat kita yang melakukan Pemilukada Bupati/Walikota dan Gubernur dengan melakukan basis deteksi dini pengamanan di tingkat kecil yaitu di tingkat desa itu sendiri," kata, Irjen Ahmad Luthfi usai acara Apel 3 Pilar.

Lanjut Irjen Ahmad Luthfi, hal ini diharapkan agar semua desa bisa mengamankan kegiatan Pemilukada agar aman hingga tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga tingkat Provinsi.

"Kita bergerak bersama-sama dalam rangka menciptakan rasa aman pada gelaran Pilkada yang akan datang," ujar Irjen Ahmad Luthfi.

Sementara, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa apel 3 pilar hari ini diikuti oleh unsur TNI, Polri dan Pemerintah Daerah yang menunjukkan kedekatan antar aparat negara baik secara emosional, akan tetapi juga mengukuhkan persatuan dan kesatuan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Disamping itu, apel 3 pilar ini dilaksanakan dalam rangka menjalin sinergitas dalam menyongsong dan mewujudkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati supaya dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

"Kami mengajak kepada TNI, Polri dan Pemerintah Daerah serta seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu guna mendukung suksesnya penyelenggaraan baik Pemilihan Gubernur, Pemilihan Bupati atau Pemilihan Walikota, marilah kita jaga persatuan dan kesatuan, hindari tindakan yang dapat menimbulkan provokasi, fitnah dan ujaran kebencian karena dapat mengganggu kelancaran Pilkada tersebut," ajak Sepyo Achanto 

Kesempatan yang sama, Sepyo menegaskan bahwa netralitas merupakan salah satu prinsip utama bagi setiap anggota tiga pilar. Dimana Pemeritah Daerah, TNI, dan Polri guna menjaga stabilitas dan keamanan selama proses pilkada berlangsung.

"Oleh karena itu, kami berharap 3 pilar ini dijaga betul, sehingga kita bisa bekerja secara profesional, berintegritas, mampu bertindak cepat dan tepat. Kami juga berharap, semua pihak mendukung dan mengawal tahapan Pemilu Tahun 2024 dengan benar, sehingga tercipta keamanan, ketertiban, dan kondusifitas di wilayah," harap Sepyo.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar