Benda Diduga Mortir Ditemukan di Tempat Rongsok

Dilihat 638 kali
Benda diduga mortir ditemukan di sebuah gudang rongsok di Dusun Nglawisan, Tamanagung, Muntilan, Selasa (14/5/2024).

BERITAMAGELANG.ID - Sebuah benda diduga mortir ditemukan di tempat rongsok Mekar Jaya. Tepatnya di Dusun Nglawisan, Kelurahan Tamanagung, Kecamatan Muntilan. Namun, hingga saat ini, belum ada tindakan evakuasi terhadap benda tersebut. Karena masih menunggu tim Gegana Brimob Polda Jateng.

Kapolsek Muntilan, AKP Abdul Muthohir menambahkan, pihaknya mendapat laporan mengenai temuan benda berupa besi tua yang diduga mortir sekitar pukul 10.30. Dia pun segera menuju lokasi untuk memastikannya dan mensterilkan lokasi.

Dia menyebut, evakuasi tersebut akan dilakukan oleh tim Gegana Brimob Polda Jateng. Rencananya, evakuasi dilaksanakan pada Rabu. Setelah proses administrasi selesai. "Kita sudah berupaya agar bisa dievakuasi hari ini, tapi akhirnya ditunda besok," ucapnya, Selasa (14/5/2024).

Saat ditanya jenis mortirnya, dia belum bisa memastikan dan mengidentifikasi. "Kualifikasinya ini adalah sebuah benda yang mirip mortir dan berbahaya. Sehingga patut kami jaga untuk pengamanan," imbuh dia.

Muthohir menambahkan, selama menunggu evakuasi oleh tim Gegana, polisi bakal mengamankan lokasi. Pihaknya juga telah memasang garis polisi. Nantinya, dia akan memasang banner berisi imbauan agar warga setempat tidak mendekat ke lokasi.

Pemilik gudang rongsok Mekar Jaya, Ivan Setiawan menjelaskan, benda diduga mortir itu ditemukan oleh karyawannya sekitar pukul 10.00. "Saat mau menaikkan barang ke atas truk, karyawan saya bernama pak Lilik menemukan benda yang diduga mortir," katanya.

Ivan mengatakan, benda diduga mortir itu awalnya berada di dalam karung. Karena setiap karung harus disortir terlebih dahulu sebelum dikirim ke Jakarta, jadi karyawannya memeriksa isi karung itu. Begitu dibongkar, ternyata ada sebuah benda yang bentuknya mirip mortir.

Dia menambahkan, mortir itu diperkirakan berukuran sekitar 15 sentimeter, sudah berkarat, dan tampak keropos. "Bentuknya seperti mortir pada umumnya. Seperti pipa, ujungnya runcing, dan memiliki kaki. Perkiraan dari mana, saya kurang tahu," ucapnya.

Ivan mengaku, baru pertama kali menemukan benda diduga mortir di antara tumpukan rongsok besi. Meski karyawannya tidak takut, namun dia khawatir jika berisiko dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Mending lapor saja dan aktivitas sementara berhenti dulu," imbuhnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar