Borobudur Night Carnival Lestarikan Kearifan Lokal

Dilihat 996 kali
BERITAMAGELANG.ID - Borobudur Night Carnival (BNC) 2023 dimeriahkan dengan kirab sebanyak 32 kontingen yang terdiri dari 20 kontingen perwakilan Desa se-Kecamatan Borobudur dan 12 kontingen dari instansi, sekolah maupun kelompok masyarakat.

Indonesia dengan keanekaragaman budayanya merupakan satu anugerah yang luar biasa, kaya akan sumber daya yang dimiliki dan masyarakat yang telah berabad-abad hidup berdampingan saling mengormati dan menghargai sudah sepatutnya disyukuri, dijaga dan dilestarikan.

Hal ini disampaikan Bupati yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto saat membuka acara BNC 2023 di halaman Kecamatan Borobudur, Sabtu (2/9/2023).

Adi mengatakan, kegiatan BNC sebagai bentuk peran serta masyarakat dalam turut mendukung pengembangan serta pelestarian adat, tradisi, budaya daerah dan kearifan lokal sebagai warisan leluhur yang mesti dijaga bersama.

Selaras dengan hal tersebut, BNC ini tidak hanya menjadi ajang perayaan saja, tetapi juga untuk dijadikan momentum dalam memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan lokal kepada masyarakat luas, serta bisa berperan dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keragaman budaya serta memupuk rasa saling menghormati dan toleransi antar suku dan agama.

"Saya berharap dengan adanya BNC tidak hanya sebagai hiburan semata, melainkan guna membangun soliditas, merekatkan kebersamaan, kegotongroyongan dalam melestarikan budaya dan menanamkan rasa nasionalisme bagi generasi penerus bangsa serta memperkokoh jati diri budaya bangsa, agar tidak tergerus oleh derasnya arus globalisasi dan modernisasi," harap Adi.

Camat Borobudur Subiyanto menyampaikan, BNC ini salah satunya untuk menambah khasanah atraksi budaya di Borobudur khususnya di malam hari yang diharapkan bisa menggugah berbagai elemen untuk bisa menambah kegiatan atraksi wisata budaya di Borobudur pada malam hari untuk melengkapi layanan bagi wisatawan dan masyarakatnya.

"Kegiatan BNC ini merupakan event tahunan yang merupakan salah satu event kegiatan dalam rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke- 78 Tahun 2023 tingkat Kecamatan Borobudur. Pelaksanaan kegiatan BNC dilaksanakan selama 2 hari pada Jumat dan Sabtu, 1 dan 2 September 2023 dengan rangkaian kegiatan salah satunya gelar UMKM," ujar Subiyanto.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala OPD terkait, Forkompimcam Borobudur, Kepala Balai Konservasi Borobudur, Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, dan Kepala Desa se-Kecamatan Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar