Bupati Hadiri Lepas Sambut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang

Dilihat 1686 kali
BERITAMAGELANG.ID - Pergantian pimpinan di lembaga Kementerian Agama merupakan salah satu upaya pembinaan terhadap aspek personil selaku human capital (modal sumber daya manusia) dari organisasi, dalam rangka memelihara dan meningkatkan kinerja, motivasi serta kreativitas yang diharapkan akan memberikan penyegaran dan energi baru yang positif serta konstruktif demi kemajuan organisasi atau lembaga.

Hal ini disampaikan Bupati Magelang Zaenal Arifin saat menghadiri acara lepas sambut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Kemenag, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, pergantian kepemimpinan bisa juga dimaknai sebagai upaya peningkatan dan pengembangan kualitas serta kapasitas yang diharapkan mampu menjawab sekaligus bisa mengatasi berbagai persoalan atau tantangan yang dihadapi.

Apalagi, tantangan kehidupan bangsa dan pembangunan di bidang agama semakin kompleks, seiring perubahan masyarakat yang sangat dinamis dalam lingkup nasional dan global. 

"Fenomena liberalisme, materialisme dan ekstremisme yang merasuk ke dalam tatanan kehidupan bangsa kita, bila tidak diantisipasi bisa menjadi ancaman terhadap kehidupan beragama, ketenteraman keluarga dan stabilitas masyarakat," kata Zaenal.

Lebih lanjut Zaenal mengatakan, merawat kebhinekaan dan kerukunan antar umat dalam pembangunan bidang agama, menjadi jati diri Kementerian Agama untuk memperkuat moral dalam mendorong kemajuan sekaligus perekat integrasi bangsa.

"Di sinilah kami memandang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang di bawah kepemimpinan Bapak H. Panut yang humanis dengan masyarakat Kabupaten Magelang telah terpelihara dengan baik," lanjutnya.

Di balik sosoknya yang periang dan berwawasan luas, ia telah melakukan kerja nyata dengan rasa tanggung jawab dalam membangun sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam upaya pencegahan pernikahan dini, melaksanakan Program Duta Kita bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magelang, dan Penanganan Stunting melalui Penyuluh Agama Islam.

"Yang mana penyuluhan tersebut telah mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden dengan meraih Juara 1 Konten Creative Penanganan Stunting Tingkat Nasional," ungkap Zaenal.

Untuk diketahui, Kepala Kemenag Kabupaten Magelang, H. Panut telah bertugas selama kurang lebih 1,5 tahun dan akan berpindah tugas di Kantor Kemenag Wonosobo. Sementara jabatan Kepala Kemenag Kabupaten Magelang digantikan oleh H. Muhammad Miftah yang sebelumnya bertugas di Kantor Kemenag Salatiga.

H. Panut menyampaikan kesan mendalam selama bertugas di Kabupaten Magelang. Ia mengatakan Kabupaten Magelang adalah wilayah yang tergolong unik dimana masyarakatnya memiliki nilai-nilai toleransi yang sangat tinggi sehingga mendapatkan peringkat toleransi terbaik ke 6 di Jawa Tengah.

"Sudah tentu keberhasilan dalam menjaga nilai toleransi antar umat beragama di Kabupaten Magelang ini tidak lepas dari peran serta Bupati Magelang yang selalu mengedepankan misinya yaitu Sedaya Amanah," kata H. Panut

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang, H. Muhammad Miftah menyampaikan akan melanjutkan dan selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dan jajaran Forkompimda untuk bersama membangun Kabupaten Magelang di bidang agama.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar