Bupati Lantik Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Magelang

Dilihat 2659 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin melantik pengurus/andalan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Magelang masa bakti 2022-2027 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Magelang, Jumat (17/3).


Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, gerakan Pramuka adalah organisasi gerakan kepanduan di tanah air yang lahir pada tanggal 14 Agustus 1961. Gerakan Pramuka merupakan wadah untuk mendidik dan membina generasi muda agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi.


"Selaras dengan hal tersebut, pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita pada saat ini dan ke depan. Pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas," kata, Zaenal.


Lebih lanjut Zaenal menyampaikan, ketika Indonesia memperingati 100 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2045 nanti, diantara anggota aktif Pramuka yang tersebar di berbagai pelosok tanah air akan menjadi pemimpin negeri ini tidak terkecuali di Kabupaten Magelang.


Pada kesempatan yang sama, Ia juga menyoroti terkait kejadian tindak pidana penganiayaan yang terjadi di jalan raya baru-baru ini di Magelang yang dilakukan oleh siswa usia sekolah.


Menurutnya kejadian ini harus menjadi perhatian sekaligus keprihatinan bersama. Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran Pramuka, utamanya anggota dewasa, baik sebagai Majelis Pembimbing, pengurus/andalan, pelatih dan yang lainnya untuk merapatkan barisan bekerjasama secara sinergis untuk mempercepat mewujudkan kaum muda yang berkepribadian baik, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara.


"Kami berharap dengan dilantiknya kepengurusan yang baru, untuk selalu merespon positif dan berpartisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan Gerakan Pramuka di Kabupaten Magelang, sekaligus menyempurnakan serta meningkatkan pendayagunaan potensi kwartir cabang yaitu sumber daya manusia, materi pendidikan, sistem pembinaan dan manajemen organisasi, sehingga Gerakan Pramuka semakin mendapat perhatian dari generasi muda," harapnya.


Sementara, Wakil Ketua Bidang Bina Wasa Kwarda Jateng, Kak Kartono mengucapkan selamat kepada pengurus/andalan yang telah dilantik dan telah melalui proses musyawarah cabang.


"Kami sangat berharap kepengurusan Kwartir Cabang Kabupaten Magelang mampu memberikan kontribusi pada program Kwartir Daerah Jawa Tengah," harapnya.


Kartono menyampaikan, ada beberapa catatan di rapat kerja daerah beberapa waktu yang lalu dari sejumlah program kerja yang belum tuntas, satu diantaranya adalah target ketercapaian Pramuka Garuda dalam satu periode 5 tahun, tahun 2018-2023, yaitu 50.000 Pramuka Garuda untuk semua golongan.


"Saat ini baru empat puluh ribuan lebih sedikit. Jadi kita harus mampu selama satu tahun ini mencapai 10.000 lagi," ungkapnya.


Sementara susunan pengurus/andalan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Magelang yang baru saja dilantik dengan masa bakti 2022-2027 diantaranya, Ketua Eko Triyono, Wakil Ketua Pembinaan Anggota Muda, Joko Purnomo, Wakil Ketua Pembinaan Anggota Dewasa H Suroso, Wakil Ketua Pembinaan Satuan Bambang Prihutomo, Wakil Ketua Organisasi dan Hukum Wisnu Argo Budiono, Wakil Ketua Hubungan Masyarakat dan Informatika Titok Lestianto, Wakil Ketua Pengabdian Masyarakat Christanti Handayani, dan Wakil Ketua Keuangan, Aset, Sarana, Prasarana dan Usaha H Rois Sujimat.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar