Bupati Magelang Lantik Ratusan Guru SD dan SMP

Dilihat 1558 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin melantik dan mengambil sumpah jabatan, sebanyak 246 guru SD dan SMP dilingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang. Prosesi pelantikan tersebut dilaksanakan di GOR Gemilang, Lingkup Setda Kabupaten Magelang, Kamis (6/7/2023).


Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan, pelantikan jabatan fungsional guru ini merupakan wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam memenuhi sumber daya manusia sebagai kebutuhan mendasar yang sangat fundamental sekaligus sebagai agen perubahan bagi ekosistem di lingkungan sekolah.


Seiring dengan tugas mulia yang diemban ada kepercayaan dan keyakinan yang besar dari masyarakat untuk menitipkan keberhasilan anak-anaknya kepada para guru di dalam mengenyam pendidikan di sekolah.


"Mereka sadar bahwa pendidikan akan melahirkan kepercayaan, dan keyakinan serta melahirkan harapan, dari harapan inilah maka akan membuahkan kedamaian dan kenyamanan jika sudah nyaman antar orang tua siswa, guru dan siswanya maka saya yakin keberhasilan akan bisa diraih" ujar Bupati.


"Bukan malah sebaliknya yang terjadi terhadap siswa kelas tujuh di Temanggung, yang nekat membakar sekolahnya sendiri karena diduga sering mendapat bullying, atau perundungan oleh teman-temannya, bahkan seorang guru yang seharusnya hadir menjadi penyejuk, ini malah turut serta ikut dalam perundungan terhadap siswanya, kejadian ini untuk dijadikan perhatian bagi saudara-saudara yang dilantik," tegas Zaenal Arifin.


Lebih lanjut, Zaenal menjelaskan, seorang guru harus mampu memotivasi dan menginspirasi para siswa karena harus hadir sebagai sosok teladan yang baik dan selalu menjadi contoh bagi para siswanya, agar bisa berperan optimal dan menjaga profesionalitasnya, baik sebagai pribadi maupun tenaga pendidik. 


Pada kesempatan yang sama, Zaenal juga berpesan kepada para guru yang hari ini dilantik agar mampu bergerak cepat, adaptif dan responsif, dalam upaya mencetak generasi unggul di Kabupaten Magelang di tengah-tengah kompetisi global yang saat ini berkembang sangat cepat di semua aspek kehidupan.


"Saya berharap saudara bisa melaksanakan tugas sesuai dengan sumpah atau janji yang saudara ucapkan nantinya bisa bekerja dengan integritas, dedikasi dan loyalitas yang tinggi, tidak terlibat pada masalah yang dapat merugikan diri sendiri dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan, termasuk meningkatkan kompetensi dalam pembelajaran," harap Zaenal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar