Cerita Warung Kopi Bu Condro Bertahan di Masa Pandemi Covid 19

Dilihat 1509 kali
Suasana Warung Kopi Bu Condro di wilayah Borobudur Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Secangkir kopi sejuta cerita, ungkapan yang tepat untuk menggambarkan Warung Kopi Bu Condro di Dusun Kedungombo, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.


Di warung ini aroma secangkir kopi hangat terbalut senja merah bukit Menoreh akan menjadi cerita istimewa di akhir pekan setiap wisatawan. Suasana hening menenangkan itu menjadi cara lain menikmati secangkir kopi di warung yang mulai dibuka di masa pandemi Covid 19, tepatnya awal Agustus 2020 kemarin.


Saat ditemui, pemilik Warung Kopi Bu Condro, Punjung Raden menyambut ramah mengajak bercengkrama penuh kehangatan. Menurutnya usaha warung kopi ini berawal dari kondisi krisis pandemi Covid 19 bagaimana agar kegiatan ekonomi 'dapur' rumahnya tetap dapat berjalan.


"Selama pandemi ini tamu-tamu wisatawan dari Eropa fakum untuk berkunjung ke Borobudur, maka dari itu kita ciptakan satu unit usaha baru," kata Punjung Kamis (26/8/2020).


Menurutnya nama Bu Condro sendiri diambil dari nama ayahnya. Namun karena saat ini yang masih hidup adalah ibunya maka dipakailah nama Bu Condro sebagai ikon. Warung kopi ini tetap buka setiap harinya mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 wib. Namun jika ada yang mau menikmati makan malam di warung ini tetap dilayani. Kopi yang ditawarkan adalah jenis arabica maupun robusta lokal dari wilayah Kabupaten Magelang.


Jasa pelayanan lain juga diberikan warung kopi Bu Condro seperti tour wisata desa dan petualangan. Semua itu menurut Punjung merupakan upaya agar usaha di dunia pariwisata dapat bertahan diantara masa sulit akibat Covid 19.


"Selain itu juga kami masih tetap berusaha menjual paket wisata Jeep Village Tour dengan harga yang lebih murah, atau paket sepeda maupun andong, tetap kita jalankan," tambahnya.


Ditambahkan Punjung dimasa pandemi Covid 19 konsep warung dengan mengedepankan kenyamanan dengan nuansa desa diantara landscape Bukit Menoreh menjadi suasana istimewa yang sesuai dengan protokol kesehatan. Itu pula yang membedakan warung Kopi Bu Condro dengan warung lain pada umumnya.


Tidak hanya suasana khas, Warung Kopi Bu Condro juga menawarkan menu kuliner gule, dan mangut iwak kali yang diolah secara tradisional. Disamping itu juga tersedia minuman spesial lain yakni teh serai gula batu yang berhasiat untuk kesehatan.


"Namun ketika pengunjung menginginkan kopi yang biasa juga akan kita siapkan," jelas Punjung.


Ia berharap, semoga perekonomian di masa pandemi segera membaik dan bangkit tak terkecuali sektor pariwisata.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar