Desa Girirejo Menjadi Juara Pertama Desa Mandiri Sampah Tingkat Jateng

Dilihat 819 kali
Kepala Desa Girirejo, Slamet Supriyadi saat menerima penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah.

BERITAMAGELANG ID - Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, kembali menjadi juara pertama sebagai  Desa Mandiri Sampah Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 yang diselenggarakan  Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng. Selanjutnya, Desa Girirejo mewakili Jawa Tengah maju ke tingkat Nasional.

"Tahun ini (2024),  Desa Girirejo  mewakili Jawa Tengah maju ke tingkat Nasional sebagai desa mandiri sampah. Kami berharap masyarakat tetap semangat dan mendukung pengelolaan sampah," kata Kepala Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Slamet Supriyadi, Kamis (21/03/2024).

Tahun 2023,  Desa Girirejo menjadi juara pertama lomba Desa Gemar Mengolah Sampah (De'Gemes) tahun 2023. Lomba yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang tersebut, sebagai upaya penanganan sampah selesai di tingkat desa. Ada enam dari 20 desa di Kabupaten Magelang, mendapat penghargaan dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023.

Menurut Slamet Supriyadi, penyerahan penghargaan berupa tropi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, berlangsung pada 27 Februari 2024 di Wisma Perdamaian Semarang. "Penghargaan tingkat Jawa Tengah sebagai Desa Mandiri Sampah tersebut, atas kerja keras dan dukungan semua pihak, terutama masyarakat yang begitu semangat mengelolan sampah," katanya.

Untuk itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Girirejo, Perangkat Desa, Lembaga Desa, Jajaran Komisaris dan Pengelola TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle) Girimulya, KKN UII serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang.

Keberhasilan Desa Girirejo dalam pengelolaan sampah, tidak lepas dari peran serta masyarakat desa yang bersama-sama akan pentingnya kebersihan lingkungan, serta peran petugas yang mengelola TPS3R Girimulya, sehingga perhargaan ini bisa menjadi pemicu atau semangat masyarakat agar tidak membuang sampah di  sembarang tempat.

Karena sampah jika diperlakukan dengan baik untuk dipilah dan diolah, bisa menghasilkan dana yang bermanfaat bagi masyarakat. "Kami berharap, agar masyarakat lereng Gunung Andong ini, tetap semangat dalam pengelolaan sampah  agar  memperoleh hasil dan penghargaan di tingkat nasional," pintanya. 

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar