Dewan Masjid Indonesia Dorong Alumni Ponpes Go International

Dilihat 1351 kali
Milad ke 35 PPI Al Iman Muntilan Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo menghadiri Tasyakuran Milad ke 35 Pondok Pesantren Islam (PPI) Al Iman Muntilan Kabupaten Magelang, Sabtu (16/4).


"Ini kita mengucapkan syukur milad Al Iman ke 35 sekaligus silaturahmi menyambung persaudaraan, menyambung ukhuwah islamiyah antara seluruh pondok pesantren," kata Syafrudin usai acara tersebut.


Ia mengungkapkan selain di PPI Al Iman Muntilan, pihaknya juga melakukan rangkaian silaturahmi ke sejumlah pondok pesantren di wilayah Kabupaten Magelang. Menurut Syarifudin, tujuan dari kunjungannya ini adalah untuk menjalin komunikasi antar pimpinan pondok pesantren modern maupun salafiyah tentang penyetaraan kurikulum antara ponpes dengan perguruan tinggi atau sekolah tinggi lanjutan. 


"Ini agar para santri nantinya memiliki kepastian dalam melanjutkan pendidikannya baik di dalam maupun di luar negeri," kata Syarifudin.


Menurutnya, pesantren adalah tempat untuk membangun dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggulan umat Islam. Sementara santri adalah bibit unggul untuk pemimpin masa depan Indonesia. 


Untuk itu pihaknya pada Desember lalu telah menyelesaikan kesepakatan dengan Malaysia yang menawarkan lulusan pondok-pondok pesantren di Indonesia melanjutkan di perguruan tinggi Melaka University maupun sekolah sekolah tinggi Islam yang ada di negeri tersebut. 


"Banyak yang menyambut positif dalam maupun luar negeri. UGM juga sudah, perguruan tinggi umum juga sudah (sepakat). Jadi itulah makna silaturahmi antar sesama pondok pesantren salafiyah maupun modern," jelasnya.


Pengasuh PPI Al Iman Muntilan, Muhammad Dzuhaery mendukung penuh program DMI dalam memajukan pendidikan generasi Islam. Menurutnya, melalui kurikulum berkelanjutan yang telah diterapkan oleh Pesantren Al Iman, para santri akan siap beradaptasi dengan kemajuan teknologi ilmu pengetahuan guna melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


"Ilmu tidak akan pernah mati dan ilmu tidak akan pernah habis. Maka mari kita sama sama jaga bangsa kita lewat pendidikan baik yang ada pondok pesantren maupun yang lain," ajaknya.


Dalam rangkaian tasyakuran milad ke 35 PPI Al Iman Muntilan juga membagikan 1.500 mushaf Al Quran dengan sasaran musala, masjid dan lembaga pendidikan di lereng Gunung Merapi Kabupaten Magelang, wilayah Sleman, Temanggung dan sebagainya. Selain itu juga dilakukan pemberian beasiswa, pembagian hadiah lomba Festival Anak Sholeh virtual, serta peletakan batu pertama pembangunan komplek baru pesantren Islam Al Iman. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar