Dinas Kominfo Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Kontributor OPD

Dilihat 1053 kali
Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono menyampaikan materi Menulis itu Mudah

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 40 perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, di Kasuari Resort, Bandongan, Selasa (21/11/2023). Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas SDM bidang kehumasan di masing-masing OPD.


Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Noga Nanda Septa menyebutkan peran para humas di masing-masing OPD sangatlah penting untuk mendiseminasikan kinerja maupun prestasinya. 


"Kami memiliki kanal pemberitaan www.BeritaMagelang.id. Harapannya, nanti para humas  bisa aktif mengirimkan berita publikasi masing-masing OPD melalui situs web ini," kata Noga.


Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono yang hadir sebagai narasumber pertama mengungkapkan menulis itu mudah. Menurutnya, banyak materi yang bisa dijadikan bahan untuk menulis bagi para kontributor OPD. 


"Ibarat memasak, semakin sering latihan kita akan semakin lincah. Jadi, persoalan terbesar adalah pada ketidakterbiasaan menulis. Menulis sebenarnya mudah dan menyenangkan," ujar Bagyo.


Bagyo menambahkan langkah-langkah untuk menulis berita bisa diawali dengan mengumpulkan bahan 5W+1H dilanjutkan dengan menentukan angle atau tema/inti berita.


"Kemudian tentukan judul setelah selesai menulis berita," pesannya.


Narasumber lainnya, Fotografer dari Kantor Berita Antara, Anis Efizudin menyampaikan materi tentang Belajar Memotret. Anis menyebutkan komposisi adalah tatanan gambar yang dihasilkan dari bidikan seorang fotografer. Bagi orang awam, menentukan komposisi sebenarnya tidaklah sulit, asal mau berfikir sedikit tentang posisi saat membidik objek foto.


Baginya, komposisi di dalam fotografi sangatlah penting karena akan mewarnai hasil pemotretan. 


"Komposisi menjadi kekuatan visual dan kerapian dan keseimbangan estetika terhadap hasil foto," ungkap Anis. 


Lanjut Anis, komposisi juga dapat menentukan enak tidaknya dilihat dirasakan terhadap sebuah foto.


Di akhir kegiatan, para peserta diajak melakukan praktek pengisian berita di kanal media www.BeritaMagelang.id dengan dipandu Pranata Humas pada Diskominfo Kabupaten Magelang, Fany Rachma sebagai narasumber terakhir.



Fotografer Kantor Berita Antara, Anis Efizudin memberi hadiah kepada salah satu peserta dengan hasil foto terbaik.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar