Dinas Kominfo Gelar Rakor Pembinaan Statistik Sektoral 2024

Dilihat 829 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pembinaan Statistik Sektoral di Grand Artos Hotel Magelang, Selasa (28/5/2024). 


Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang mengatakan kegiatan pembinaan yang saat ini diselenggarakan merupakan rangkaian upaya bersama dalam meningkatkan capaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS), dan juga sebagai pelaksanaan salah satu tugas Walidata yaitu membantu Pembina Data dalam membina Produsen Data. 


"Jika di tahun 2023 kita telah melakukan inventarisasi data statistik dan bersama-sama menyusun metadata dari setiap data statistik sektoral tersebut, maka pada tahun ini kita akan bersama-sama mengenal aspek-aspek penilaian EPSS (Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral)," demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Sugeng Riyadi saat membacakan sambutan kepala dinas.


Selain untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam pengelolaan data dan peningkatan kualitas data yang dihasilkan, tujuan pelaksanaan pembinaan ini adalah agar setiap perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang mampu melaksanakan statistik sektoral sesuai standar dan siap menjadi sampel pelaksaan EPSS di masa mendatang. 


"Aspek-aspek yang perlu dilakukan dalam melaksanakan statistik sektoral akan dijelaskan sesuai dengan Generic Statistical Business Process Model (GSBPM) melalui Standar Operasional Prosedur pemenuhan pada setiap aspeknya," lanjut Sugeng.


Kabid Statistik dan Persandian pada Diskominfo Kabupaten Magelang Siti Darodjah menambahkan Sosialisasi SOP Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Evaluasi Entri Data Sektoral Kabupaten Magelang kali ini dalam rangka Pembinaan Statistik Sektoral Kabupaten Magelang. 


"Kegiatan ini dimaksudkan untuk menetapkan prosedur baku penyelenggaraan statistik sektoral di Pemerintah Kabupaten Magelang, serta menjamin data sektoral yang dihasilkan sesuai dengan prinsip SDI," kata Siti.


Kegiatan yang digelar selama full day tersebut bertujuan agar Perangkat Daerah selaku Produsen Data memahami dan dapat menerapkan SOP dalam menyelenggarakan kegiatan statistik sektoral.


"Kemudian agar data sektoral yang dihasilkan oleh Perangkat Daerah dan dipublikasikan di Portal Satu Data Kabupaten Magelang sudah memenuhi prinsip SDI," harap Siti.


Rakor Pembinaan Statistik Sektoral diikuti para personil Tim SDI Kabupaten Magelang dari OPD di lingkungan pemda setempat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar