Dorong Potensi UMKM, Bupati Magelang Dukung Kegiatan Grebeg Ojeg

Dilihat 408 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang Mulyanto serta jajaran Forkompimcam Salaman menghadiri acara Grebeg Ojeg Drojogan ke-9 di Lapangan Desa Sidomulyo, Kecamatan Salaman, Minggu (29/10/2023).


Pada acara tersebut, Bupati Magelang Zaenal Arifin menungkapkan Kabupaten Magelang memiliki potensi UMKM yang cukup tinggi, salah satunya para pedagang ojeg. Ia menyebutkan sampai saat ini terdapat lebih dari 109.000 unit usaha UMKM yang tersebar di 21 kecamatan dengan berbagai produk, yang mana telah mampu menyerap tenaga kerja.


"Namun perlu kita sadari bersama, bahwa para pelaku UMKM, secara umum masih mempunyai beberapa kelemahan dan menghadapi banyak kendala serta permasalahan-permasalahan, seperti diantaranya adalah masalah permodalan dan masalah pemasaran," ungkap Zaenal.


Untuk itu, lanjut Zaenal, berbagai langkah pengembangan, pembinaan dan motivasi usaha, perlu dilakukan agar mampu meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan peningkatan pemasaran. Terkait dengan hal tersebut, para pedagang ojeg saat ini dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menjajakan dan memasarkan barang dagangannya.


"Ada satu hal yang perlu saya imbau kepada saudara-saudara para pedagang ojeg untuk terus menjaga kualitas barang dagangannya, baik dari segi kebersihannya maupun dari bahan-bahan yang dipakai untuk membuat produk ojegnya," pesan Zaenal.


Melalui kegiatan grebeg ojeg ini, Zaenal berpesan kepada generasi muda di Kabupaten Magelang utamanya di Kecamatan Salaman, agar bisa menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dari sejarah sumpah pemuda yang di peringati setiap tanggal 28 Oktober.


Lebih dari itu, generasi muda harus lebih aktif terutama dalam membangun karakter mental berpikir. Sehingga, kegiatan grebeg ojeg yang ke-9 ini, tidak hanya menggerakkan semangat kepemudaan saja, akan tetapi juga menggeliatkan perekonomian masyarakat.


"Untuk itu, saya menyambut gembira dan mendorong acara grebeg ojeg ini. Harapan saya, kegiatan ini dapat dijadikan momentum bagi peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan rakyat, yang sudah barang tentu memerlukan dukungan semua pihak termasuk Pemerintah, tokoh masyarakat maupun para pelaku bisnis lainnya, yang pada akhirnya akan mampu mendorong meningkatnya ekonomi lokal," ujarnya.


Terakhir, Zaenal berharap kepada para pelaku UMKM agar bisa bersaing di tengah semakin masifnya perkembangan atau pergerakan masyarakat dalam berbelanja online.


653efcee71e65_1698626798.jpeg


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar