Embung Tajan Dibangun, Kedaulatan Pangan Diharap Ikut Terwujud

Dilihat 1608 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama Anggota DPR RI Komisi V dari Fraksi PDIP, Sudjadi saat menghadiri Groundbreaking dan Tasyakuran Embung Tajan di Desa Gumelem Pakis

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin menghadiri acara ground breaking Embung Tajan sekaligus tasyakuran dengan pentas seni wayang kulit menghadirkan dalang Ki Jumbuh Siswanto, di halaman GOR Desa Gumelem, Kecamatan Pakis, Minggu (21/5/2023).


Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pembangunan Embung Tajan senilai Rp 18,7 miliar di Desa Gumelem, Kecamatan Pakis atas aspirasi Anggota DPR RI Komisi V dari Fraksi PDIP, Sudjadi.


Menurutnya, embung memiliki fungsi yang sangat besar dalam menjamin kontinuitas ketersediaan pasokan air untuk keperluan tanaman ataupun ternak di musim kemarau dan mencegah banjir di musim penghujan, apalagi saat ini telah terjadi global warming.


"Dengan dibangun embung ini akan mengaliri tidak hanya di Gumelem saja, tentunya juga akan mengaliri masyarakat yang berada di bawah Desa Gumelem sehingga pertanian akan terus maju. Secara tidak langsung Bapak Sudjadi ini juga telah ikut memperjuangkan kedaulatan pangan di Kabupaten Magelang," ungkap Zaenal Arifin.


Perwakilan Kementerian PUPR, Wisnu Widoyono menyampaikan, sebelumnya telah dilakukan ground breaking atau peletakan batu pertama sebagai pertanda mulainya pembangunan Embung Tajan di Desa Gumelem yang memiliki nilai manfaat yang sangat banyak, diantaranya sebagai irigasi, air bersih, konservasi perikanan, dan juga untuk pariwisata.


"Sehingga nanti embung ini akan dibuat yang indah sesuai arahan Pak Menteri PUPR, tidak hanya membangun suatu bangunan tetapi juga harus ada nilai estetikanya. Kemudian resikonya juga sangat besar, artinya di situ kedalaman airnya 3-4 meter sehingga dilarang untuk berenang utamanya bagi anak-anak kecil dan juga umum," terang Wisnu.


Wisnu berharap pembangunan Embung Tajan ini bisa selesai dalam satu tahun anggaran dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Gumelem dan sekitarnya.


Anggota DPR RI Komisi V dari Fraksi PDIP, Sudjadi mengatakan aspirasi pembangunan embung ini tidak hanya di Desa Gumelem, namun juga akan dibangun di Ngluwar dengan biaya kurang lebih Rp30 miliar. 


"Kemudian saya juga akan membantu perluasan lahan parkir dan mendirikan atap parkir di pasar Ngablak senilai Rp 5 miliar," beber Sudjadi.


Acara ini juga dihadiri Anggota DPRD Komisi IV Provinsi Jawa Tengah, Endrianingsih Yunita, jajaran Forkompimcam Pakis, dan Forkompimcam Ngablak.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar