Empat Ekor Kambing Tercebur Sumur, Evakuasi Berjalan Dramatis

Dilihat 651 kali
EVAKUASI: Sejumlah petugas Damkar Kabupaten Magelang berusaha mengangkat empat ekor kambing yang jatuh ke dalam sumur di Dusun Tidaran, Candiretno, Secang, Jumat (8/12).

BERITAMAGELANG.ID - Kambing milik Manidi, warga Desa Candiretno, Secang tercebur sumur pada Jumat (8/12/2023). Evakuasi kambing yang berjumlah empat ekor itu membutuhkan waktu hingga satu jam dan berjalan dramatis. Beruntung, keempat kambing tersebut selamat.

Saat itu, Manidi melepas keempat kambing miliknya keluar kandang sekitar pukul 10.00. Kemudian, kambing tersebut menuju kebun di dekat rumahnya. Dia pun segera menyusul karena khawatir kambingnya memakan tanaman jagung di ladang itu.

Dia menyebut, empat ekor kambing itu terdiri dari dua jantan dan dua lainnya betina. "Satu betinanya kondisi hamil dan satu lainnya baru saja melahirkan," ujarnya saat ditemui.

Saat kambing hendak digiring menuju kandang, keempat kambing itu justru terperosok ke dalam sumur. Dia pun tidak menduga jika di ladang itu ada sumur. Bahkan, sumur itu diperkirakan sudah berusia puluhan tahun.

Mengetahui hal itu, Manidi panik dan memanggil tetangganya. Namun, tidak ada seorangpun yang berani turun ke dalam sumur. Beruntung, ada tetangganya yang merupakan seorang anggota damkar. Personel Damkar Kabupaten Magelang pun bergerak menuju lokasi.

Selain petugas damkar, beberapa warga turut membantu proses evakuasi tersebut. Satu petugas damkar mulai turun setelah seluruh alat terpasang. Kemudian, kambing itu satu per satu bisa diangkat. Beruntung, keempatnya dalam kondisi selamat dan dibawa pemilik pulang ke kandangnya.

Komandan Regu Damkar Kabupaten Magelang Hendra Apriansah menyebut, pihaknya menerima informasi empat ekor kambing yang terjebak di dalam sumur sekotar pukul 11.40. Sumur itu memiliki kedalaman sekitar 10 meter dan diameternya 80 sentimeter.

Karena merasa kesulitan untuk mengangkat kambing itu, akhirnya warga melaporkan kejadian tersebut kepada damkar. "Kami menurunkan satu anggota dan proses menaikkan kambing secara bergantian," bebernya.

Keempat ekor kambing itu, lanjut dia, sudah berusia remaja. Sehingga ukuran tubuhnya lumayan besar. Proses evakuasinya pun berjalan sekitar satu jam. Selama evakuasi, tidak ada kendala berarti. Hanya saja, diameter sumur yang terlalu kecil, membuat petugas harus mengevakuasi kambing satu per satu.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar